Santai

Tips Menghemat Baterai iPhone, Cukup Matikan 2 Fitur Ini di iOS 16

Tips Menghemat Baterai iPhone, Cukup Matikan 2 Fitur Ini di iOS 16

MOMSMONEY.ID - Salah satu permasalahan iPhone yang kerap menjadi keluhan pengguna adalah baterai yang cepat habis. Tak perlu khawatir, ada tips menghemat baterai iPhone dengan mudah. 

Anda dapat mengaktifkan Mode Daya Rendah secara permanen atau mengalihkan iPhone ke Mode Pesawat untuk membantu menghemat sedikit baterai. 

Namun, tidak semua tips menghemat baterai iPhone bisa dijalankan di iOS 16. Ada cara baru yang dapat membantu Anda menghemat baterai iPhone sehingga tetap hidup lebih lama. 

Baca Juga: Begini Cara Membuat Breakout Room di Zoom, Bisa Bikin Ruang Obrolan Tambahan

Artikel ini akan membahas dua fitur baru di iOS 16 yang bisa menghemat baterai iPhone. Berikut tips menghemat baterai iPhone: 

1. Hapus wigdet dari layar kunci 

Mengutip CNET, semua widget di layar kunci Anda memaksa aplikasi berjalan secara otomatis di latar belakang, terus-menerus mengambil data untuk memperbarui informasi yang ditampilkan widget, seperti skor olahraga atau cuaca.

Aplikasi ini terus berjalan di latar belakang karena widget Anda, sehingga terus menerus menghabiskan daya atau baterai. 

Jika ingin membantu menghemat baterai di iOS 16, hal terbaik yang harus Anda lakukan adalah menghindari widget di layar kunci (dan layar beranda).

Preview iOS 16

Cara termudah untuk melakukannya adalah beralih ke profil layar kunci lain. Caranya, tekan jari Anda ke bawah pada layar kunci yang ada lalu geser untuk memilih salah satu yang tidak memiliki widget.

Namun, jika Anda hanya ingin menghapus widget dari layar kunci yang ada, tekan layar kunci Anda, tekan Sesuaikan, pilih opsi Layar Kunci, ketuk kotak widget lalu tekan tombol "—" pada setiap widget untuk menghapus widget. 

2. Matikan keyboard haptic 

Anehnya, keyboard di iPhone tidak pernah memiliki kemampuan untuk bergetar saat Anda mengetik, tambahan yang baru saja dibuat di iOS 16, yang dikenal sebagai haptic feedback.

Alih-alih hanya mendengar bunyi klik-klak, umpan balik haptic memberikan getaran pada setiap tombol, memberikan pengalaman yang lebih imersif saat Anda mengetik.

Namun, menurut Apple, fitur yang sama juga dapat memengaruhi masa pakai baterai.

Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Instagram di Android dan iPhone

Menurut halaman dukungan Apple tentang keyboard ini, umpan balik haptic "dapat memengaruhi masa pakai baterai iPhone Anda".

Tidak ada perincian yang diberikan mengenai berapa banyak masa pakai baterai yang dikuras oleh fitur keyboard, tetapi jika Anda ingin menghemat baterai, sebaiknya fitur ini tetap dinonaktifkan.

Untungnya, ini tidak aktif secara default. Jika Anda telah mengaktifkannya sendiri, buka Pengaturan > Suara & Haptik > Umpan Balik Papan Ketik dan nonaktifkan Haptik untuk menonaktifkan umpan balik haptik untuk keyboard Anda.

Dan meskipun belum dirilis, Aktivitas Langsung dan Perpustakaan Foto Bersama iCloud adalah dua fitur iOS 16 yang juga dapat menguras baterai Anda, jadi nantikan pembaruan cerita ini tentang cara menonaktifkannya.

Cara efektif agar baterai health iPhone awet 

1. Usahakan menggunakan charger ori 

Baterai health yang cepat turun bisa disebabkan pemakaian dan perawatan yang tidak seimbang. 

Selain itu, baterai health iPhone yang cepat turun bisa dikarenakan penggunaan charger yang tidak original. 

2. iPhone terlalu panas

Pemakaian iPhone yang berlebihan akan membuat ponsel menjadi panas. Suhu berlebih pada iPhone akan memakan daya hingga merusak baterai. 

Sebaiknya, tidak menggunakan iPhone di bawah terik Matahari. Selain itu, ketika iPhone sedang diisi daya, sebaiknya tidak digunakan karena akan membuat iPhone menjadi panas. 

Baca Juga: Jadi Fitur Baru, Begini Cara Komentar GIF di Instagram biar Makin Seru

3. Perhatikan pengisian daya 

Intensitas pengisian daya juga mempengaruhi baterai health iPhone. 

Sebaiknya, jangan terlalu sering melakukan pengisian daya terutama dalam jumlah daya yang sedikit. Pastikan iPhone dalam kondisi baterai terisi apabila sedang tidak ingin digunakan. 

4. Penggunaan aplikasi 

Terlalu sering membuka aplikasi dan fitur yang ada di dalam iPhone dapat mempengaruhi kualitas baterai health. 

Selain itu, ada beberapa fitur yang bisa menguras baterai saat digunakan seperti WiFi, GPS, Hotspot, dan lampu senter. 

Sebaiknya non-aktifkan fitur tersebut apabila tidak sedang dipakai. 

5. Kebiasaan memakai powerbank 

Faktor lainnya yaitu kebiasaan memakai powerbank untuk mengisi daya. Sebaiknya, iPhone diisi daya menggunakan charger dari sumber listrik. 

Sebab, penggunaan powerbank yang terlalu sering menyebabkan baterai health menurun hingga cepat nge-drop. 

Itulah tips menghemat baterai iPhone, Anda bisa mencoba untuk menonaktifkan dua fitur baru yang ada di iOS 16. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News