HOME, Keluarga

Tips Mengatasi Muntah Hairball pada Kucing Peliharaan

Tips Mengatasi Muntah Hairball pada Kucing Peliharaan

MOMSMONEY.ID - Hairball merupakan suatu kondisi yang umum terjadi pada kucing. Ini terbentuk dari hasil rutinitas perawatan mandiri kucing pada bulunya. Saat kucing merawat dirinya, struktur kecil seperti kait di lidahnya akan menangkap rambut yang lepas dan mati. Ini kemudian tanpa sengaja tertelan.

Sebagian besar bulu kucing yang tertelan ini akan melewati saluran pencernaan tanpa masalah. Namun, jika beberapa rambut tetap berada di perut, itu bisa membentuk bola rambut atau hairball.

Hairball mungkin terdengar remeh dan normal pada kucing. Namun, hairball yang tidak teratasi dapat menyebabkan penyumbatan usus dan menjadi masalah kesehatan yang serius bagi kucing.

Baca Juga: Ini yang Terjadi Bila Kucing Peliharaanmu Kelebihan Vitamin A

Biasanya, kucing akan memuntahkan hairball untuk menghilangkannya. Gejala umumnya termasuk hacking, tersedak, dan muntah-muntah. Kondisi hairball akan menjadi buruk bila kucing mengalami muntah terus-menerus, kurang nafsu makan, kelesuan, sembelit, dan diare.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk melakukan sesuatu untuk mengatasi masalah hairball ini. Sebelum menjadi hal yang parah, Anda dapat membantu kucing mengatasinya.

Dilansir dari Webmd, berikut cara mengatasi muntah hairball pada kucing.

Menyikat bulu Kucing

Kucing memang sangat pandai merawat diri. Sebagian besar waktunya dihabiskan untuk tidur dan merawat bulu. Akan tetapi, bila menemukan kucing  memiliki bulu yang rontok, Anda perlu membantunya.

Anda dapat menyikat bulu kucing setidaknya sekali atau dua kali seminggu. Jika kucing memiliki bulu yang panjang, harus menyikatnya lebih sering. Beberapa kucing suka disikat, tetapi lainnya menolak.

Anda dapat mempertimbangkan penggunaan alat untuk menyikatnya. Akan tetapi, jika kucing tetap menolak dan sulit untuk mengatur bulunya, bawalah ke salon hewan untuk mencukur bulu-bulunya.

Menambahkan banyak makanan berserat

Kucing juga membutuhkan serat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaannya. Namun, porsinya tentu saja berbeda dari manusia dan hewan omnivora lainnya, karena kucing tidak membutuhkan serat dari sayuran.

Meski begitu, Anda dapat mencampur sumber serat ini ke dalam makanannya untuk membantu menurunkan risiko bola rambut. Beberapa bentuk serat yang bisa ditambahkan meliputi: labu, apel, wortel, rumput kucing, atau Metamucil (pil serat atau bubuk). Selain serat, kucing harus lebih banyak minum untuk membantu menjaga sistem pencernaan bergerak dengan baik.

Baca Juga: Begini Cara Mengatasi Kucing yang Agresif

Mencoba makanan kucing yang diformulasikan untuk hairball

Demi mengatasi hairball yang menyulitkan kucing, Anda mungkin dapat mempertimbangkan ke diet yang diformulasikan secara khusus untuk mengurangi masalah hairball. Banyak merek makanan kucing yang memiliki produk untuk mengatasi hairball. Formula ini biasanya mencakup hal-hal seperti peningkatan serat, minyak, mineral, dan vitamin yang dapat membantu rambut yang tertelan melewati sistem pencernaan secara alami.

Menggunakan produk pengobatan hairball komersial

Produk untuk mengatasi hairball biasanya mengandung petroleum jelly di samping bahan aktif dan tidak aktif lainnya. Gel obat hairball ini secara fisik melapisi atau melumasi rambut yang tertelan selama perawatan rutin kucing untuk mendorong jalan masuk ke usus. Selain itu, beberapa produk juga mengandung pencahar ringan untuk membantu bulu kucing lebih mudah keluar dari fesesnya.

Kendati demikian, penggunaan obat ini haruslah sesuai dengan saran dokter hewan. Dengan begitu Anda akan mengetahui tentang dosis yang tepat dari setiap pengobatan hairball.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News