CLOSE [X]
ads

Tips Mengatasi Mual saat Kehamilan Trimester Pertama

Reporter: Helvana Yulian
Rabu, 27 Oktober 2021 | 13:49 WIB
Tips Mengatasi Mual saat Kehamilan Trimester Pertama

ILUSTRASI. Mual saat kehamilan  


MOMSMONEY.ID - Mual dan muntah saat hamil adalah kondisi yang umum. Kondisi ini bisa terjadi kapan saja sepanjang hari dan kerap disebut dengan istilah morning sickness.

Mengatasi mual saat hamil juga sebetulnya tidak sulit dan cara tersebut sangat disarankan agar gejala tidak semakin parah.

Walau dikenal dengan istilah morning sickness, mual dan muntah ini tidak hanya terjadi di pagi hari. Mual yang biasanya disertai dengan muntah dan pusing ini disebabkan oleh perubahan hormon selama hamil. 

Ada juga beberapa gaya hidup dan pengobatan rumahan yang bisa dicoba untuk mengatasi mual saat hamil, misalnya sebagai berikut. 

Baca Juga: Daftar Rempah-Rempah yang Bermanfaat untuk Ibu Hamil

1. Hati-hati dengan vitamin prenatal

Jika ibu merasa mual setelah mengonsumsi vitamin prenatal, minumlah vitamin tersebut dengan camilan atau sebelum tidur. Jika langkah-langkah ini tidak membantu, tanyakan pada dokter tentang cara lain untuk mendapatkan zat besi dan vitamin yang ibu butuhkan selama kehamilan.

2. Pilih makanan dengan hati-hati

Pilih makanan sehat yang tinggi protein, rendah lemak dan mudah dicerna, serta hindari makanan berminyak, pedas, dan berlemak. Makanan hambar, seperti pisang, nasi, saus apel, dan roti panggang mungkin bisa jadi pilihan karena mereka mudah dicerna.

Makanan asin terkadang membantu, begitu pula makanan yang mengandung jahe, seperti permen jahe.

3. Bilas mulut usai muntah

Asam dari perut bisa merusak enamel pada gigi. Oleh karena itu, usahakan untuk membilas mulut dengan secangkir air yang dicampur dengan satu sendok teh soda kue. Ini akan membantu menetralkan asam dan melindungi gigi.

Baca Juga: 5 Efek Samping Minum Pil KB yang Perlu Anda Ketahui

4. Hirup udara segar

Jika cuaca memungkinkan, buka jendela di rumah atau tempat kerja. Selain itu, ibu juga bisa jalan-jalan setiap hari di luar ruangan untuk mendapatkan udara segar. 

5. Perbanyak makan camilan

Sebelum meninggalkan tempat tidur, makanlah beberapa biskuit atau sepotong roti panggang. Ibu juga bisa makan camilan sepanjang hari untuk mencegah perut kosong. Pasalnya, jika perut kosong maka ini akan membuat mual semakin parah.

Jika cara menghilangkan mual saat hamil di atas tidak membuat gejala berkurang atau justru semakin parah, konsultasikan dengan dokter kandungan agar keluhan mual saat hamil bisa segera diatasi dengan pengobatan yang tepat.

Selanjutnya: Lakukan 5 Hal Ini untuk Membantu Memperlancar Program Hamil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru