AturUang

Tips Menentukan Asuransi Kesehatan yang Bisa Perempuan Pertimbangkan

Tips Menentukan Asuransi Kesehatan yang Bisa Perempuan Pertimbangkan

MOMSMONEY.ID - Berikut ini tips menentukan produk asuransi kesehatan sesuai kebutuhan, yang bisa para perempuan Indonesia pertimbangkan.

Perempuan Indonesia semakin besar perannya di ranah publik dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Kemampuan multitasking atau bisa melakukan banyak hal pada perempuan dinilai sebagai kelebihan yang memampukannya berkarier sekaligus mengurus rumahtangga. 

Banyak juga yang mengurus rumahtangga dan tetap aktif berkarya di berbagai organisasi atau kegiatan sosial. Ada juga yang merintis usaha industri rumahtangga.

Produktivitas perempuan yang semakin meningkat ini sejalan dengan cita-cita ibu Kartini, agar perempuan Indonesia berkesempatan mengembangkan potensi diri sesuai pilihannya sendiri. 

Hal ini mensyaratkan perempuan harus memiliki kesehatan fisik dan mental prima, biar bisa menjalankan perannya dengan baik.

Baca Juga: Simak Tips Mengatur Keuangan saat Bulan Ramadan dari Sequis Life Ini, yuk

Beri perhatian khusus soal kesehatan

Demi mencapai cita-cita mulia ini, Medical Underwriter Sequis dr Debora Aloina Ita Tarigan menyarankan perempuan Indonesia memberikan perhatian khusus soal kesehatan.

Sebab, pertambahan usia akan meningkatkan risiko sakit seiring menurunnya kemampuan fisik. 

Menjaga kesehatan memerlukan upaya sehingga perlu dilatih dan dijadikan kebiasaan sejak perempuan berusia muda, supaya terhindar dari penyakit degeneratif.

Misalnya, memperhatikan jenis dan porsi asupan makanan, rutin berolahraga, cukup istirahat, serta rutin medical check up.

"Asupan perlu mendapat perhatian karena ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu menjaga kinerja organ tubuh, ada yang mencegah masalah kesehatan tertentu, dan mendukung penyembuhan," kata dr Debora.

"Tetapi, ada juga yang menjadi pencetus penyakit," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Jumat (21/4).

Baca Juga: Sebagai Pelengkap BPJS, Pilih Asuransi Kesehatan Sesuai Kebutuhan ya

Jika memiliki penyakit bawaan, seperti diabetes, hipertensi, asam urat, atau kolesterol, maka harus dalam pengawasan dokter.

Sehingga, Anda bisa mengetahui makanan mana yang sebaiknya dikonsumsi atau dihindari serta bisa segera mendapatkan pengobatan demi mencegah agar tidak berkembang menjadi penyakit yang lebih serius.

Mengenai olahraga, sangat baik jika rutin dilakukan oleh perempuan. Terutama, olahraga yang dapat membantu mempertahankan dan meningkatkan massa otot.

Soalnya, massa otot akan berkurang seiring pertambahan usia dan metabolisme juga menjadi lebih lambat.

Dengan berolahraga akan membantu mempertahankan mobilitas sendi, tulang dan otot juga menjadi kuat bahkan meningkatkan fungsi paru serta fungsi jantung, keseimbangan dan koordinasi tubuh tetap terjaga.

Dr. Debora juga mengatakan, mereka yang rutin berolahraga sangat memungkinkan memiliki berat badan normal, tidak mudah terkena penyakit kritis, berkesempatan memiliki hidup yang berkualitas sebab lebih sedikit stres dan cemas.

Baca Juga: 8 Tips Mengatur Uang untuk Membeli Rumah Setelah Menikah

Besarnya risiko sakit yang dapat terjadi pada perempuan tidak hanya disebabkan oleh penyakit degeneratif. 

Tetapi, dari proses kehamilan, melahirkan, faktor hormon pada perempuan bisa meningkatkan risiko penyakit kritis lainnya. Seperti kanker serviks, kanker payudara, kanker ovarium, dan masalah hormon lainnya.

Regional Head of Agency Development Sequis Fourrita Indah menyarankan, agar perempuan Indonesia memiliki asuransi kesehatan.

"Kesehatan perempuan perlu dilindungi dengan asuransi kesehatan yang bagus karena pengobatan penyakit kritis membutuhkan biaya besar dan bisa berlangsung dalam jangka panjang," ujarnya.

Sehingga, perempuan Indonesia perlu melakukan antisipasi menjaga kestabilan keuangan keluarga melalui asuransi kesehatan dari kerugian ekonomi (loss of income) yang juga bisa berdampak ke masyarakat secara umum.

Fourrita berbagi tips menentukan produk asuransi kesehatan yang sesuai kebutuhan yang dapat dipertimbangkan oleh para perempuan Indonesia, yakni:

Pahami dengan baik asuransi kesehatan yang ditawarkan  

Sebelum membeli asuransi kesehatan, sebagai calon nasabah perlu betul-betul memahami penjelasan dari agen asuransi. 

Misalnya, apa saja manfaat yang ditawarkan, mana saja penyakit yang ditanggung dan tidak ditanggung (pengecualian), bagaimana proses klaim dan cara mengajukan klaim serta cara pembayaran premi.

Baca Juga: Cara Memilih Asuransi Jiwa Terbaik dan Rekomendasi Produknya

Pilih produk asuransi kesehatan sesuai kebutuhan

Pilihlah asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan besarnya risiko hidup. 

Bila orangtua atau keluarga memiliki riwayat penyakit kritis, sebaiknya pilih asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan dari penyakit kritis.

Pastikan kemampuan finansial memungkinkan untuk membayar premi

Semakin banyak manfaat asuransi yang ditambahkan akan memengaruhi besaran biaya premi. Untuk itu, pastikan dahulu manfaat asuransi apa yang dibutuhkan.

Kemudian, pastikan juga bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa berutang, dan Anda mampu menyisihkan dana secara konsisten untuk membayar premi setidaknya 10% dari penghasilan.

"Tidak perlu memaksakan memilih produk yang nantinya akan memberatkan keuangan keluarga," sebut Fourrita.

Nantinya, seiring meningkatnya pendapatan, perkiraan kebutuhan masa depan, dan tren kenaikan biaya rumahsakit, maka Anda bisa meninjau kembali apakah perlu melakukan penyesuaian pada polis asuransi.

Baca Juga: Pilih Sesuai Kebutuhan, Ini Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Pilih asuransi yang memiliki jaringan rumahsakit yang luas

Perusahaan asuransi yang memiliki jaringan rumahsakit yang luas akan memudahkan nasabahnya menjangkau fasilitas kesehatan yang dekat dengan tempat tinggal, kantor, atau jika harus berada di luar kota. 

Sequis saat ini memiliki lebih dari 500 jaringan rumahsakit di Indonesia dan luar negeri.

Perhatikan masa tunggu penyakit

Asuransi kesehatan biasanya memiliki persyaratan masa tunggu untuk beberapa penyakit tertentu. 

Ketahui dahulu apakah Anda memiliki penyakit bawaan, infokan kepada perusahaan asuransi sebelum Anda diproteksi agar mereka dapat mempertimbangkan risiko yang Anda miliki.

Sebab, hal ini berhubungan dengan daftar penyakit yang termasuk dalam masa tunggu, agar tidak menjadi masalah di kemudian hari jika terkena risiko sakit atau saat mengajukan klaim.

Sistem pembayaran klaim dengan cashless.

Pembayaran pengobatan di rumahsakit dengan sistem cashless akan memudahkan pasien dan keluarganya saat membutuhkan pengobatan di rumah sakit.

Cukup menunjukkan kartu kepesertaan asuransi kesehatan lalu tagihan rumahsakit akan dialihkan ke pihak perusahaan asuransi selama pengobatan yang dibutuhkan sesuai dengan ketentuan polis.

Baca Juga: 6 Cara Memulai Gaya Hidup Frugal Living untuk Cepat Kaya, Yuk Terapkan!

Jangan mudah tergiur dengan promosi asuransi

Saat browsing di internet, akan ditemukan banyak promosi produk asuransi untuk menarik minat calon nasabah. 

Fourrita mengatakan, membeli produk promosi boleh-boleh saja, tapi jangan sekadar tergiur hanya karena harga murah atau diskon.

"Hal terpenting dalam membeli produk asuransi adalah calon nasabah harus mempelajari dan memahami manfaat produk yang akan dibeli sebelum menandatangani Surat Permintaan Asuransi (SPA)," katanya. 

"Dalam pengisian SPA, nasabah diharapkan menuliskan dengan jujur dan sesuai kenyataan serta memahaminya sebelum menandatanganinya," imbuh dia.

Perempuan bisa berdaya dan membantu kesejahteraan keluarga jika memiliki kesehatan fisik dan finansial, karena keduanya adalah modal untuk mengembangkan potensi diri pada masa depan. 

Baca Juga: Kiat Cermat Atur Dana THR untuk Mudik Lebaran

Jadi, mari terus menyuarakan kepada semua perempuan Indonesia untuk menjaga kesehatan dan berasuransi sebagai bentuk dukungan pada perjuangan emansipasi dari Ibu Kartini

Sequis menyediakan sejumlah produk asuransi kesehatan yang dapat dimanfaatkan oleh perempuan Indonesia, agar bisa merasa tenang saat beraktivitas dan berkarya. Lantaran, kesehatan dan keuangan pada masa depan sudah terlindungi.

Contoh, Sequis Q Infinite Medcare Rider Series (Plan X Booster dan Lite). 

Sequis juga menyediakan asuransi kesehatan yang dapat dibeli dengan cara online dengan premi terjangkau melalui Super You by Sequis Online, yakni Super Strong Protection, Sequis Super Easy Health, atau Super Care Protection. 

Itulah tips menentukan produk asuransi kesehatan sesuai kebutuhan, yang bisa para perempuan Indonesia pertimbangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News