HOME, Keluarga

Tips Mendekorasi Rumah Tipe 36 Supaya Terasa Lapang dan Nyaman

Tips Mendekorasi Rumah Tipe 36 Supaya Terasa Lapang dan Nyaman

MOMSMONEY.ID - Dari beberapa tipe rumah yang tersedia di Indonesia, rumah tipe 36 termasuk yang cukup populer dan banyak diminati.

Dilansir dari Pinhome, rumah tipe 36 memiliki luas bangunan sebesar 36 meter persegi dengan dimensi 6 x 6 meter. Rumah ini biasanya dibangun di atas lahan seluas 60 atau 72 meter persegi, sehingga kadang disebut sebagai rumah tipe 36/60 atau 36/72.

Rumah tipe 36 biasanya terdiri dari 2 kamar tidur, 1 ruang tamu atau ruang keluarga, serta 1 kamar mandi. Jadi, bisa dikatakan bahwa rumah ini memiliki luas yang cukup terbatas, sehingga Anda harus pintar-pintar mengatur dan mendekorasi interiornya.

Nah, bagaimana caranya menata dan mendekorasi rumah tipe 36 supaya terasa lapang dan nyaman ditempati? Dirangkum dari Ruparupa.com dan BTN Properti, berikut tipsnya untuk Anda.

Baca Juga: Banyak Diminati, Ini Dia Keunggulan Rumah Tipe 36

Gunakan cat dinding warna cerah

Salah satu trik yang bisa Anda gunakan supaya interior rumah terasa luas adalah dengan menggunakan cat dinding berwarna cerah.

Mengapa? Sebab, warna-warna cerah dapat membantu memantulkan cahaya yang masuk dan menyebarkannya ke seluruh ruangan, sehingga dapat memberi ilusi ruangan yang luas. Anda bisa memilih warna cerah kesukaan Anda, mulai dari putih, abu-abu, krem, hingga biru dan hijau muda.

Gunakan furnitur multifungsi

Penggunaan furnitur yang multifungsi atau serbaguna sangat cocok untuk rumah dengan luas yang terbatas seperti rumah tipe 36, sebab dapat membantu mengurangi space atau area lantai. Selain itu, rumah akan terlihat rapi karena tidak ditempati oleh banyak barang.

Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan meja nakas yang dilengkapi dengan laci, kursi yang memiliki kotak penyimpanan di dalamnya, atau tempat tidur yang memiliki laci di bawahnya.

Kurangi penggunaan sekat

Rumah tipe 36 biasanya menggabungkan beberapa area sekaligus di dalam satu ruangan, misalnya ruang tamu, ruang keluarga, dapur, hingga ruang makan. Untuk memberi privasi, tidak jarang penghuni rumah menempatkan sekat atau partisi di antara area-area tertentu.

Menggunakan sekat atau partisi memang tidak ada salahnya, tapi pastikan Anda tidak menggunakan terlalu banyak sekat karena dapat membuat rumah terasa makin sempit dan kecil.

Baca Juga: Mengenal Tipe-Tipe Rumah yang Populer di Indonesia, Apa Saja?

Pasang cermin dinding

Selain menggunakan cat dinding warna cerah, memasang cermin pada dinding juga dapat membantu memberikan ilusi ruangan yang luas, lo.

Sama seperti cat dinding, cahaya yang masuk ke dalam rumah akan dipantulkan dan disebarkan ke seluruh ruangan oleh cermin. Selain itu, pantulan ruangan pada cermin juga akan memberi ilusi ruangan yang terasa luas.

Baca Juga: Ini Dia Tren Interior Rumah yang Populer Sepanjang Tahun 2021, Yuk Tengok!

Maksimalkan pencahayaan

Pencahayaan yang baik merupakan kunci untuk membuat rumah terasa lapang. Jadi, coba maksimalkan pencahayaan di dalam rumah tipe 36 untuk membuat interior rumah terasa lega dan nyaman.

Salah satu cara termudah untuk memaksimalkan pencahayaan adalah menggunakan jendela berukuran besar. Anda juga bisa menggunakan gorden atau tirai tipis berwarna putih untuk membantu menyaring cahaya yang masuk supaya tidak terlalu menyilaukan.

Terapkan konsep minimalis

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, rumah tipe 36 memiliki luas bangunan yang terbatas. Karena itu, penghuninya akan dituntut untuk meminimalkan penggunaan furnitur dan dekorasi demi mewujudkan rumah yang lega dan nyaman.

Konsep ini pada dasarnya sama dengan konsep minimalis. Dengan gaya hidup minimalis, Anda bisa membatasi penggunaan furnitur dan dekorasi secukupnya saja, sehingga rumah tidak terlihat berantakan karena memiliki terlalu banyak barang.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat menata dan mendekorasi rumah tipe 36. Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News