HOME, Bugar

Tips Mencegah Bau Mulut Saat Puasa yang Bisa Anda Coba

Tips Mencegah Bau Mulut Saat Puasa yang Bisa Anda Coba

MOMSMONEY.ID - Memasuki bulan puasa, Anda mungkin saja mengalami berbagai masalah pada mulut. Mulai dari bibir pecah-pecah hingga bau mulut. Pasalnya, tak makan dan minum selama berjam-jam bisa menyebabkan kondisi yang disebut halitosis. 

Ketika berpuasa, kita tidak mendapatkan asupan makanan atau minuman untuk dikunyah dan diproses di dalam mulut.

Baca Juga: Santap 5 Makanan Sahur Ini, Dijamin Kenyang Seharian dan Menyehatkan!

Akibat hal ini, maka produksi air liur berkurang. Padahal air liur secara alami berguna untuk membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal di rongga mulut.

Hal ini karena air liur mengandung enzim anti-bakteri alami. Maka, Anda membutuhkan cara yang ampuh untuk mencegah dan menghilangkan bau mulut saat puasa. 

Dilansir dari Healthline, begini cara mencegah bau mulut saat puasa yang bisa Anda coba, antara lain: 

1. Hindari makanan beraroma menyengat ketika sahur, misalnya jengkol atau bawang bombai.

2. Hindari makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi saat sahur dan buka puasa. Bakteri penyebab bau mulut akan berkembang biak kian pesat bila dalam mulut tersisa banyak gula. 

3. Cegah mulut jadi kering dengan banyak minum air ketika sahur dan berbuka. Semakin kering mulut Anda, semakin tinggi juga kemungkinan munculnya bau mulut. 

4. Sebelum tidur, berkumurlah dengan air garam. Air garam bekerja seperti antiseptik yang akan mengusir bakteri penyebab bau mulut. 

Baca Juga: Olahraga Ringan yang Bisa Anda Lakukan Selama Bulan Puasa

5. Isap dan kunyah jeruk atau lemon saat sahur dan buka puasa. Keduanya mampu meningkatkan produksi air liur sehingga mulut pun tak akan jadi kering dan bau.

6.  Minum air yang banyak saat berbuka, sebelum tidur, dan saat sahur. Asupan air yang cukup akan meningkatkan produksi air liur.

7. Konsumsi makanan sehat dan perbanyak konsumsi buah dan sayuran. Buah dan sayuran juga mengandung air yang berguna untuk meningkatkan produksi air liur. 

8. Jangan merokok, karena kandungan tembakau pada rokok juga bisa menyebabkan bau tak sedap pada mulut.

Itulah cara yan bisa Anda lakukan untuk mencegah bau mulut saat puasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News