Keluarga

Tips Menanam Tanaman Herbal Indoor, Bisa Jadi Hiasan Cantik di Rumah

Tips Menanam Tanaman Herbal Indoor, Bisa Jadi Hiasan Cantik di Rumah

MOMSMONEY.ID - Menanam tanaman herbal indoor memungkinkan Anda untuk menikmati hasil bumi rumahan baik saat Anda kekurangan ruang. Ada tips menanam tanaman herbal indoor agar bisa menjadi hiasan cantik di rumah. 

Menanam tanaman herbal indoor bisa dilakukan siapa saja, termasuk pemula yang ingin mencoba. 

Sebelum mengetahui tips menanam tanaman herbal indoor, Anda butuh strategi agar tetap cantik apabila diletakkan di dalam rumah. 

Mengutip eatingwell.com, berikut tips menanam tanaman herbal indoor:

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini Manfaat Daun Tapak Dara untuk Kesehatan Tubuh

1. Pilih tanaman yang tepat 

Sebagian besar herbal dapat ditanam di dalam ruangan, tetapi tanaman yang cenderung tumbuh subur di dalam termasuk tanaman pilihan seperti kemangi, kucai, mint, oregano, peterseli, rosemary, dan thyme.

Anda bisa memulai pengobatan herbal dari biji atau stek, yaitu cabang tanaman yang sudah ada dipotong pada bagian bukunya dan direndam dalam air hingga bertunas akar baru.

Namun, Anda mungkin merasa jauh lebih mudah dan lebih cepat untuk memulai taman dalam ruangan dengan bibit dari toko taman.

2. Pilih wadah dengan drainase

Meskipun ada lusinan pot herba yang dapat Anda beli, Anda dapat menanam herba di hampir semua wadah asalkan memiliki drainase. 

Pot juga membutuhkan sesuatu untuk melindungi permukaan di bawahnya seperti cawan atau pelindung plastik bundar. 

Anda dapat menggunakan wadah ukuran apa pun yang Anda suka asalkan tanamannya pas. Tetapi sadarilah bahwa semakin kecil wadahnya, semakin cepat Anda harus merepoting. 

Jika Anda menggunakan pekebun nontradisional seperti stoples, pastikan untuk meletakkan lapisan kerikil di bagian bawah untuk menangkap kelembapan berlebih sehingga tanah pot Anda tidak jenuh.

Baca Juga: Sederet Manfaat Kunyit Hitam untuk Tubuh yang Jarang Diketahui

3. Pilih spot tercerah

Kebanyakan tumbuhan lebih menyukai banyak sinar matahari. Itu berarti Anda ingin memberikan taman ramuan dalam ruangan Anda setidaknya enam jam sinar Matahari per hari untuk berkembang.

Untuk memaksimalkan paparannya, tempatkan tanaman sedekat mungkin dengan jendela Anda yang paling terang. 

Hindari meletakkannya di tengah ruangan atau di dekat jendela dengan eksposur utara–tidak akan memberikan cukup cahaya.

4. Beri air tapi tidak terlalu banyak

Anda akan terkejut dengan betapa sedikitnya air yang dibutuhkan untuk mempertahankan ramuan kecil. 

Untuk memastikan tanaman Anda tumbuh, jaga agar tanah selalu lembab, tetapi tidak tergenang air. Kaleng penyiram kecil atau gerimis di bawah bak cuci sudah cukup. Jika daun mulai layu atau menguning, kurangi airnya.

5. Panen

Panen beberapa tangkai dengan gunting dapur atau dengan mencubit daun dengan jari Anda.

Hindari membuang lebih dari seperempat tanaman sekaligus, yang akan menyebabkan kesulitan dan bahkan dapat membunuh tanaman.

Baca Juga: Susah Tidur? Ini 5 Teh Herbal yang Efektif untuk Mengatasi Insomnia

6. Transplantasi saat siap

Tanaman herbal dalam ruangan tidak selamanya. Kabar baiknya atau kabar buruknya adalah jika Anda melakukannya dengan benar, herba Anda pada akhirnya akan tumbuh lebih besar dari wadahnya dan membutuhkan lebih banyak ruang. 

Jika Anda melihat akar keluar dari lubang drainase, pertumbuhan tampaknya terhenti atau tanaman mulai tumbang, saatnya melakukan transplantasi.

Jamu tahunan dapat dipindahkan ke luar ruangan hingga akhir musim tanam. Saat cuaca dingin mendekat, Anda dapat membawa pot kembali ke dalam ruangan atau meninggalkannya di luar.

Tapi, pastikan untuk mengambil setek sebelum embun beku pertama sehingga Anda dapat memulai kembali seluruh proses kebun herba dalam ruangan.

Ide Kebun Herbal Indoor

1. Penanam dinding papan tulis

Jika Anda memiliki dinding kosong di dekat jendela, selipkan ramuan favorit Anda ke dalam 10 kubus dan beri label sesuka hati. 

Penyiraman bonus tambahan itu mudah. Isi irigator di atasnya dengan air dan uap air menetes perlahan agar tanaman Anda tetap terhidrasi. 

2. Tumbuhkan herb growbar 

Buat ambang jendela dengan lampu tumbuh yang dipasang di dinding. Nantinya ini akan mengubah setiap sudut menjadi tempat paling cerah di rumah Anda.

Baca Juga: Ketahui 3 Manfaat Perilla untuk Kulit Wajah yang Perlu Anda Tahu

3. Gunakan stoples

Isi toples mason dengan bumbu favorit Anda dan simpan di peti susu antik agar mudah dipindahkan dari meja samping jendela ke bak cuci untuk disiram. 

Tambahkan label kapur untuk membantu Anda mengingat apa yang ditanam. 

4. Kebun herbal jendela

Tidak ada ambang jendela? Tidak masalah. Anda bisa menanam tanaman herbal di jendela dengan menempel langsung ke kaca. 

Cari pot atau wadah yang bisa menempel atau ditempelkan langsung ke kaca. Tambahkan spidol sehingga Anda dapat menulis langsung di jendela. 

5. Tanaman gantung

Anda juga bisa menciptakan pemegang macrame yang terpasang di dinding untuk menanam tanaman herbal dalam ruangan. 

Nantinya cara ini akan menghasilkan tanaman herbal yang digantung seperti tanaman gantung. 

Nah itulah tips menanam tanaman herbal indoor yang dapat Anda ikuti dengan mudah. Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News