Keluarga

Tips Memperlambat Perubahan Iklim Bumi yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

Tips Memperlambat Perubahan Iklim Bumi yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

MOMSMONEY.ID - Perubahan iklim memberikan ancaman nyata bagi kita semua. Tapi Anda bisa memberikan kontribusi untuk memperlambat perubahan iklim dengan melakukan hal-hal kecil di bawah ini untuk melindungi bumi.  Berikut tips-nya!

Suhu bumi yang terus meningkat memberikan dampak negatif seperti gagal panen, cuaca ekstrim, turunnya kualitas air bersih, hingga mengancam kehidupan manusia dan mahkluk hidup lainnya secara lebih luas. 

Baca Juga: Begini 5 Cara Mudah dan Murah Bikin Rumah Anda Jadi Lebih Ramah Lingkungan

Untuk mencegah semua itu terjadi, Anda bisa melakukan hal-hal kecil. Lakukan sekarang dan secara terus menerus. Melansir House Beautiful berikut tips yang bisa Anda lakukan dengan mudah untuk memperlambat perubahan iklim bumi. Yuk mulai semua dari rumah.

1. Kurangi belanja baju

Tips pertama adalah Anda perlu lebih bijak dalam membeli baju baru untuk memperlambat perubahan iklim bumi. Jika Anda ingin membeli baju, lebih baik kunjungi toko baju bekas untuk mengurangi limbah baju. Anda juga sebaiknya membeli baju dengan kualitas yang baik tentu dengan pertimbangan yang matang. Apabila ada baju yang bolong sebaiknya perbaiki terlebih dahulu ketimbang membeli baru. Selain itu cuci dengan hati-hati pakaian Anda supaya lebih awet. 

2. Isi dapur Anda dengan makanan vegetarian alias plant-based

Ada baiknya Anda mengganti konsumsi daging, susu dan telur dengan bahan makanan yang berasal dari tanaman. Makanan vegetarian ini meninggalkan jejak karbon yang lebih sedikit. Melansir The Conversation mengurangi makanan daging dapat mengurangi sekitar 0,5% - 2,6% jejak karbon. Cara sederhana ini dapat membuat Anda membantu mengatasi perubahan iklim bumi. 

3. Maksimalkan belanja bahan makanan sesuai dengan musim dan pilih makanan lokal

Dengan cara ini, Anda bisa menyelamatkan bumi dari perubahan iklim. Ketika Anda belanja bahan makanan lokal dan sesuai musim, Anda mengurangi transportasi, yang tentu menghasilkan gas emisi, bahan makanan itu untuk sampai ke Anda. 

Baca Juga: Butuh Passive Income? Ini Dia Sumber yang Bisa Anda Manfaatkan

4. Gunakan transportasi publik

Melansir The Conversation emisi dari transportasi menghasilkan 14% jejak karbon, dibandingkan peternakan yang menghasilkan 5% jejak karbon. Ada alternatif lain bagi Anda yaitu menggunakan transportasi publik, jalan kaki, bersepeda dan memilih mobil listrik saat akan membeli kendaraan baru. Sebab salah satu cara mengatasi perubahan iklim yang bisa Anda lakukan adalah tidak menyumbang jejak karbon dalam aktivitas sehari-hari.

Nah itu tadi tips yang bisa Anda lakukan di rumah untuk memperlambat perubahan iklim. Lakukan secara bertahap dan jadikan kebiasaan dalam kegiatan harian Anda. Bumi selamat, mahkluk hidup berbahagia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News