HOME, Keluarga

Tips Memotong Kuku Kucing Peliharaan di Rumah yang Aman dan Benar

Tips Memotong Kuku Kucing Peliharaan di Rumah yang Aman dan Benar

MOMSMONEY.ID - Dalam memelihara kucing, Anda tak hanya berperan membantu kucing untuk merawat bulunya saat grooming kucing, tetapi juga merawat kukunya. Namun, memotong kuku kucing sering kali merupakan pengalaman yang tidak menyenangkan dan membuat stres, baik untuk Anda maupun kucing Anda.

Anda tak perlu khawatir. Ada tips sederhana yang bisa membantu Anda dalam mempersiapkan hal-hal yang diperlukan sebelum memotong kuku dan menjadikan kucing rileks selama sesi memotong kuku. Dilansir dari Webmd, berikut beberapa tips memotong kuku kucing di rumah yang aman dan benar.

Baca Juga: Apakah Kucing Punya Ekspresi Wajah? Ini Penjelasannya

Kapan Sebaiknya Memotong Kuku Kucing?

Memotong kuku kucing sebaiknya dijadikan sebagai rutinitas bersama. Tujuannya untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan dan memudahkan Anda memberikan perawatan yang lain, seperti mandi air untuk kucing. Anda dapat memotong kuku setiap sepuluh hari hingga dua minggu sekali.

Lakukan perawatan memotong kuku saat kondisi kucing sedang rileks atau saat suasana hatinya baik. Bahkan saat kucing mengantuk setelah dia makan. Dengan begitu, Anda tak perlu repot-repot memaksa kucing yang terus memberontak. Anda tentu harus menghindari memotong kukunya saat suasana hatinya buruk, misalnya saat dia baru saja berkelahi dengan hewan peliharaan lain. Bisa-bisa, Anda malah terkena cakaran.

Memilih Alat yang Sesuai untuk Digunakan Memotong Kuku

Pilih alat yang tepat dan sesuai untuk digunakan memotong kuku kucing. Anda dapat menemukannya di seluruh toko hewan peliharaan. Gunakan gunting kuku yang tajam dan tidak terlalu menakutkan untuk kucing. Ada banyak jenis gunting kuku yang baik untuk kucing dari segala usia dan ukuran. Anda dapat memilih gunting guillotine. Gunting kuku ini memiliki cincin oval yang digunakan untuk menaruh ujung kuku untuk dipotong di dalamnya, sehingga lebih mudah untuk mengukur bagian kuku yang akan dipotong.

Cara Memposisikan Kucing yang Kukunya Akan Dipotong

Pemotongan kuku kucing harus selalu dilakukan di lokasi yang tenang. Jauhi jendela atau hal-hal lain yang dapat mengalihkan perhatian kucing. Dudukkan kucing di atas pangkuan Anda dengan nyaman dan Anda dapat duduk di atas sofa atau di atas karpet. Kenyamanan Anda juga akan membuat hewan peliharaan menjadi nyaman.

Jika kucing sudah ingin memberontak, ambil perhatiannya dengan memberikan sedikit treats agar dia tahu bahwa Anda memiliki hadiah yang enak untuknya bila dia tetap bersama Anda. Beberapa belaian di bagian favoritnya juga akan membantu merilekskan kucing.   

Baca Juga: Mengenal Penyakit Infeksi Saluran Kemih pada Kucing dan Cara Atasinya

Bagian Kuku Kucing yang Perlu Dipotong

Saat Anda mulai memotong, pegang satu kakinya dengan hati-hati di antara jari-jari Anda. Gosok dengan lembut selama dua hingga tiga detik. Jika kucing Anda bergerak selama proses berlangsung, ikuti gerakannya dengan lembut. Kemudian, remas cakarnya sehingga kukunya keluar dan memanjang. Lakukan beberapa kali dengan selalu memperhatikan respon kucing Anda. Jika sudah terbiasa, Anda boleh langsung memotong kukunya.

Perhatikan bagian kuku kucing boleh dipotong. Jika Anda melihat cakar kucing, Anda akan melihat bagian yang lebih gelap di bagian luar yang sebagian besar jernih dan keras. Ini disebut quick. Di situlah saraf dan pembuluh darah ditemukan. Jangan potong bagian itu karena akan menyakiti kucing dan membuatny berdarah. Anda cukup memotong bagian sedikit ujungnya, seperti gambar di bawah ini.

Kuku Kucing

Beberapa kucing mungkin akan memberontak dengan hebat karena terkejut. Ini bukan berarti dia kesakitan bila Anda sudah memotong bagian yang benar. Kucing hanya terkejut dengan bunyi “klik” yang dikeluarkan alat gunting kuku saat kukunya dipotong.

Jika sudah begitu, biarkan kucing pergi setelah Anda memotong 2-3 kuku. Lakukan sesi memotong kuku dengan perlahan dan sabar. Ini akan menghindarkan kucing dari trauma memotong kuku. Beri dia treats agar tahu bahwa Anda tak sedang menyakitinya. Setelah kucing tenang, mulailah memotong kukunya lagi.

Apa yang Tidak Boleh Dilakukan?

Selain menghindari memotong kuku saat kucing sedang marah, Anda juga tidak boleh terburu-buru memotong kukunya. Ini akan membuat kucing semakin stres karena ketakutan. Selain itu, hanya karena Anda ingin kukunya lebih lama tumbuh, Anda memotongnya terlalu dalam. Ini sudah pasti menyakiti kucing. Terakhir, jika kucing Anda memberontak, maka jangan memarahi atau menghukum kucing. Semakin Anda mengasarinya, maka mereka akan semakin menghindari memotong kuku lebih lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News