HOME, Keluarga

Tips Memilih Rice Cooker yang Tepat dan Awet, Bikin Nasi Enak Setiap Saat

Tips Memilih Rice Cooker yang Tepat dan Awet, Bikin Nasi Enak Setiap Saat

MOMSMONEY.ID - Sebagai penduduk Indonesia yang menjadikan nasi sebagai makanan pokok, kehadiran rice cooker di rumah memang sangat esensial.

Fungsi utama rice cooker tentu untuk memasak atau menanak nasi. Namun, alat yang satu ini sangat versatile atau fleksibel. Tergantung fiturnya, Anda bisa menggunakan rice cooker untuk menghangatkan makanan, memasak kue, bahkan menggoreng makanan.

Nah, karena perannya yang sangat penting di rumah orang Indonesia, memilih rice cooker yang tepat dan cocok hukumnya wajib. Jika salah memilih, bisa-bisa nasi yang dihasilkan kurang enak sehingga fungsi maksimal rice cooker tidak bisa didapatkan.

Jadi, bagaimana caranya memilih rice cooker yang tepat? Ini dia tipsnya untuk Anda.

Baca Juga: Hati-Hati, Jangan Bersihkan 8 Benda Ini dengan Vacuum Cleaner

Sesuaikan dengan budget

Pertama, tentu saja Anda harus mempertimbangkan budget atau anggaran yang dimiliki untuk membeli rice cooker. Pilihlah rice cooker berkualitas dengan budget yang sesuai, sehingga Anda tidak harus mengeluarkan uang yang berlebih saat membeli alat yang satu ini.

Pertimbangkan merek

Selanjutnya, Anda dapat mempertimbangkan merek untuk menentukan rice cooker yang tepat untuk Anda. Merek merupakan faktor yang penting, sebab dapat menjadi jaminan kualitas suatu rice cooker. Mudahnya, pilihlah rice cooker dari merek yang terkenal dengan alat-alat elektronik rumah tangganya, apalagi jika memang memiliki spesialisasi di bidang rice cooker.

Periksa kapasitas

Tergantung kebutuhan, mungkin Anda membutuhkan rice cooker dengan kapasitas tertentu. Misalnya, jika Anda tinggal sendirian dan hanya makan sedikit nasi, mungkin Anda cukup memilih rice cooker berukuran kecil. Namun, jika rice cooker akan digunakan oleh seluruh keluarga, pilihlah rice cooker dengan kapasitas yang besar.

Perhatikan fitur-fiturnya

Beberapa jenis rice cooker menawarkan fitur-fitur menarik di luar memasak dan menghangatkan nasi, misalnya mengukus kue, memasak bubur, dan lain-lain. Namun, Anda perlu bijak dalam memilah fitur-fitur mana yang sekiranya diperlukan, supaya rice cooker Anda tidak sia-sia penggunaannya. Jangan asal memilih rice cooker hanya karena memiliki fitur yang menarik.

Baca Juga: 9 Karakteristik Rumah Gaya Jepang yang Hangat dan Menenangkan

Pertimbangkan kemudahan penggunaan

Menurut Choice Australia, kemudahan dalam penggunaan rice cooker merupakan faktor yang perlu dipertimbangkan. Faktor kemudahan yang dimaksud dapat meliputi beberapa hal, misalnya bobot alat, panci yang tidak lengket, pegangan yang nyaman digenggam, hingga tombol yang mudah dioperasikan.

Pilih yang memiliki standar SNI

Selanjutnya, Anda perlu memeriksa kualitas dan keamanan bahan yang digunakan pada rice cooker. Supaya menghemat waktu, Anda cukup memeriksa apakah rice cooker yang Anda incar sudah memiliki SNI. Dengan memiliki SNI, rice cooker tersebut setidaknya sudah terjamin berkualitas dan aman untuk digunakan.

Lihat daya tahannya

Terakhir, tentu Anda perlu memastikan rice cooker memiliki daya tahan atau durabilitas yang baik supaya awet digunakan dalam jangka waktu panjang. Periksalah review dari rice cooker yang Anda incar untuk mengetahui gambaran spesifikasi, kualitas, dan daya tahannya.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk memilih rice cooker yang tepat. Selamat berburu rice cooker incaran Anda!

Selanjutnya: 4 Rekomendasi Channel YouTube Seputar Renovasi Rumah, Dijamin Bakal Terinspirasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News