HOME, Keluarga

Tips Memilih Mesin Cuci yang Tepat, Jangan Sampai Salah Pilih

Tips Memilih Mesin Cuci yang Tepat, Jangan Sampai Salah Pilih

MOMSMONEY.ID - Di era modern seperti sekarang, keberadaan mesin cuci menjadi salah satu alat yang sangat membantu kehidupan manusia. Bagaimana tidak, Anda hanya tinggal memasukkan cucian kotor ke dalam mesin cuci, menekan beberapa tombol, kemudian membiarkan mesin cuci membersihkan cucian untuk Anda.

Karena mesin cuci sudah sangat umum digunakan, saat ini banyak sekali jenis mesin cuci yang tersedia di pasaran, mulai dari yang sederhana hingga yang berteknologi canggih. Hal ini jelas menguntungkan calon pembeli karena memiliki banyak pilihan mesin cuci yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Namun, karena banyaknya pilihan tersebut, Anda sebagai calon pembeli juga harus cermat dan berhati-hati dalam memilih mesin cuci yang tepat. Jika salah memilih, mesin cuci bisa saja tidak bekerja dengan maksimal sesuai harapan Anda.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih dan membeli mesin cuci. Dilansir dari The Spruce dan Ariel India, berikut tips memilih mesin cuci yang tepat untuk Anda.

Baca Juga: Ini 5 Kesalahan Umum Menggunakan Mesin Cuci yang Sering Dilakukan

Pertimbangkan jenis mesin cuci

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan saat membeli mesin cuci adalah menentukan jenis mesin cuci apa yang cocok dengan kebutuhan Anda. Menurut fisiknya, ada mesin cuci dengan bukaan atas (top loading) dan bukaan depan (front loading). Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa Anda pertimbangkan.

Selain itu, ada juga tipe mesin cuci yang dijalankan secara otomatis atau semi-otomatis. Mesin cuci tipe otomatis bisa berjalan sendiri tanpa perlu diperiksa secara berkala oleh penggunanya, sedangkan mesin cuci tipe semi-otomatis masih memerlukan bantuan pengguna untuk mengoperasikannya.

Perhatikan kapasitas dan ukuran mesin cuci

Selanjutnya, perhatikan kapasitas dan ukuran mesin cuci tersebut. Jika Anda memiliki jumlah anggota keluarga atau penghuni rumah yang cukup banyak, mungkin Anda perlu mempertimbangkan untuk membeli mesin cuci dengan kapasitas yang cukup besar. Begitu pula sebaliknya, jika penghuni rumah sedikit, Anda cukup membeli mesin cuci dengan kapasitas lebih kecil.

Tak hanya kapasitas, masalah ukuran fisik mesin cuci juga harus dipertimbangkan. Beberapa jenis mesin cuci memiliki ukuran yang cukup memakan ruang, sehingga Anda harus memastikan keberadaan mesin cuci tidak akan membuat ruangan yang ditempatinya makin sempit.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Mesin Cuci 1 Tabung dan 2 Tabung, Wajib Tahu Sebelum Beli

Periksa konsumsi energi dan daya

Saat membeli mesin cuci, tentu Anda harus memikirkan seperti apa konsumsi energi dan daya yang digunakan oleh mesin cuci tersebut, terutama jika daya listrik di rumah Anda kecil dan berisiko anjlok bila menggunakan mesin cuci dengan daya besar.

Selain konsumsi listrik, Anda juga perlu memperhatikan konsumsi air pada mesin cuci. Mesin cuci yang boros air dan listrik dapat menyebabkan tagihan Anda mudah membengkak, sehingga keberadaan mesin cuci malah akan merepotkan Anda.

Lihat fitur yang ditawarkan mesin cuci

Terakhir, lihat fitur atau program yang ditawarkan mesin cuci.Banyak mesin cuci yang memiliki program pencucian untuk jenis-jenis kain tertentu, atau program pencucian dengan durasi yang berbeda-beda.

Misalnya, ada program pencucian untuk pakaian sehari-hari, kain selimut dan sprei, bahkan kain hijab. Pilihlah mesin cuci dengan fitur atau program yang sesuai dengan kebutuhan Anda, dan hindari memilih mesin cuci dengan fitur canggih jika Anda tidak benar-benar membutuhkannya.

Selanjutnya: Simak, Ini Dia Harga Mesin Cuci 2 Tabung Merek Polytron, Sanken, dan Panasonic

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News