ads

Tips Memilih Furnitur untuk Kamar Anak, Dijamin Aman dan Nyaman!

Reporter: Kania Paramahita
Rabu, 04 Mei 2022 | 11:45 WIB
 Tips Memilih Furnitur untuk Kamar Anak, Dijamin Aman dan Nyaman!


MOMSMONEY.ID - Ketika memilih furnitur untuk kamar anak, ada beberapa faktor khusus yang perlu dipertimbangkan secara matang.

Anak-anak butuh furnitur yang sesuai untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan mereka. Salah memilih furnitur tak hanya akan merugikan dompet Anda, namun juga keselamatan anak saat menggunakan furnitur tersebut.

Dikutip dari ibenma.com.sglivspace.com, dan essenziale-hd.com, berikut tips memilih furnitur untuk kamar anak.

Baca Juga: Kenali Bahan Dapur yang Dapat Membersihkan Rumah, Dijamin Ampuh!

Furnitur Wajib di Kamar Anak

Sebelum mengenali kriteria furnitur apa yang cocok untuk kamar anak, ada baiknya Anda mengetahui apa saja jenis furnitur yang disarankan untuk kamar anak.

Menurut livspace.com, ada beberapa furnitur yang wajib ada di kamar anak, yaitu:

Ranjang dan kasur. Anda bisa menggunakan tipe ranjang yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anak. Namun, jika memungkinkan, pilihlah ranjang dan kasur dengan ukuran yang tidak terlalu kecil supaya dapat mendukung pertumbuhan anak.

Selain itu, jika Anda memiliki dua anak yang tinggal sekamar, menggunakan kasur tingkat bisa menjadi pilihan untuk menghemat tempat, lo. Poin plusnya, kegiatan memanjat dan menuruni tangga berdampak baik bagi perkembangan motorik anak.

Meja belajar. Masa anak-anak identik dengan belajar di sekolah. Oleh karena itu, menambahkan meja belajar di kamar bisa membantu anak merasa nyaman dan fokus saat belajar di kamar.

Pilihlah meja belajar dengan ketinggian yang sesuai dengan tinggi anak supaya mereka merasa nyaman. Meja belajar yang dirawat dengan baik bisa bertahan lama, lo.

Baca Juga: 7 Alasan Si Kecil Sulit Tidur pada Malam Hari

Furnitur untuk menyimpan barang. Anak-anak cenderung membuat berantakan, jadi sediakan ruang penyimpanan barang seperti lemari, laci, atau rak.

Adanya ruang untuk menyimpan barang dapat melatih anak-anak untuk bertanggungjawab dengan cara mengembalikan barang-barang yang sudah selesai digunakan kembali ke tempatnya.

Cermin. Tak hanya orang dewasa,  anak-anak juga perlu dibuatkan area khusus untuk berhias diri. Cukup sediakan meja kecil untuk menaruh barang-barang dan cermin seukuran tubuh supaya anak-anak bisa bercermin dengan puas.

Jika anggaran tidak memungkinkan untuk membeli cermin dan meja terpisah, membeli lemari pakaian dengan cermin yang terpasang di pintunya juga merupakan pilihan yang dapat menghemat tempat.

Baca Juga: 4 Kesalahan Saat Menggunakan Produk Pembersih Rumah, Bisa Berbahaya!

Tips Memilih Furnitur untuk Kamar Anak

Nah, jika daftar furnitur yang diperlukan sudah ada, kini saatnya mencatat apa saja yang harus diingat dan diperhatikan sebelum membeli furnitur anak.

Apa yang harus dipertimbangkan sebelum memilih dan membeli furnitur untuk kamar anak? Berikut beberapa tipsnya:

Tema kamar. Anda bisa menyesuaikan furnitur di kamar anak dengan tema dan warna kesukaan anak. Namun, ada baiknya Anda menggunakan furnitur standar yang bersifat netral dan cocok dengan tema dan warna apapun untuk berjaga-jaga bila mereka bosan dengan tema tertentu.

Pilih furnitur yang fungsional. Pilihlah furnitur berukuran standar yang bisa digunakan hingga beberapa tahun ke depan. Pasalnya, anak-anak tumbuh dengan cepat, sehingga seringkali tidak muat bila terus menggunakan kursi atau ranjang waktu kecil.

Pertimbangkan keamanan anak. Anak-anak cenderung suka mengeksplorasi sekitarnya, jadi pastikan furnitur yang digunakan aman untuk mereka. Contohnya, hindari furnitur dengan ujung tajam dan gunakan furnitur dengan material yang kuat dan cat pelapis yang aman.

Selain itu, pertimbangkan juga besar dan tinggi furnitur supaya tidak membahayakan anak. Jika menggunakan tempat tidur bertingkat, gunakan pagar pembatas untuk mencegah anak terjatuh ketika tidur.

Nah, itu tadi tips untuk memilih dan membeli furnitur untuk kamar anak. Bagaimana, sudah tahu furnitur seperti apa yang cocok untuk anak? Selamat mempraktekkan, ya!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TOPIK TERPOPULER