Keluarga

Tips Memilih Buah Mangga yang Matang dan Manis biar Tak Salah Pilih

Tips Memilih Buah Mangga yang Matang dan Manis biar Tak Salah Pilih

MOMSMONEY.ID - Sering mendapatkan buah mangga yang rasanya kecut dan belum matang? Kini MomsMoney menghadirkan tips-tips memilih buah mangga yang matang dan manis agar Anda tak salah pilih.

Saat musim panen mangga yang jatuh mulai bulan Oktober-Desember, tentu stok buah mangga jadi melimpah. Sayangnya, memilih buah mangga yang manis dan matang tak mudah.

Memilih buah mangga yang manis tak hanya bisa ditentukan dari warnanya yang hijau saja. Terkadang, warna kulit mangga pun bisa menipu rasa.

Untuk tahu apa saja tips-tipsnya, langsung baca artikel ini yang dilansir dari laman Saveur, Good Nature, dan Wiki How, berikut selengkapnya:

Baca Juga: 4 Tips Cegah Oksidasi pada Buah Apel, Kini Tak Ada Lagi Warna Kecoklatan!

Lihat warna mangga

Tips memilih buah mangga yang manis dan matang bisa dilihat berdasarkan warnanya. Pilihlah buah mangga yang memiliki warna merata. Warna yang tak merata mengindikasikan buah mangga yang belum matang merata.

Namun terkadang, buah mangga yang matang memiliki bintik kecoklatan dan itu adalah hal yang normal.

Bentuk buah mangga

Mangga

Untuk dapat memilih buah mangga yang manis, Anda bisa coba melihat bentuknya. Buah mangga yang ideal memiliki bentuk yang penuh, montok, dan cenderung agak bulat (berisi) terutama di sekitar batang.

Jangan memilih buah mangga yang punya bentuk pipih atau tipis karena tandanya buah mangga ini cenderung berserat.

Baca Juga: Tips Bikin Kulit Ikan Goreng Lebih Renyah Tanpa Takut Gosong

Tekstur buah mangga

Sama halnya seperti buah alpukat, buah mangga yang manis dan matang dapat dirasakan hanya dengan menyentuhnya.

Buah mangga yang manis cenderung memiliki tekstur yang cukup lembut, namun tidak terlalu lembek.

Mangga yang terlalu lembek mengindikasikan buah mangga terlalu matang. Mangga yang terlalu matang malah tak enak dimakan karena rasanya cenderung pahit.

Mangga

Jika Anda tak ingin langsung memakan buah mangga, Anda bisa memilih buah mangga yang memiliki tekstur kencang.

Tips lainnya, jika Anda ingin membuat buah mangga cepat matang, Anda bisa membungkus buah mangga pada kantong kertas dan simpan pada suhu kamar untuk percepat proses pematangan.

Baca Juga: 6 Cara Mudah Mengentalkan Kuah dan Saus yang Terlalu Encer

Hindari buah mangga yang keriput

Seperti yang telah disampaikan di atas, buah mangga yang manis dan matang memiliki tekstur cukup lunak untuk ditekan oleh jari. Namun Anda perlu menghindari buah mangga yang berkulit keriput karena buah mangga ini terlalu matang.

Aroma dan getah mangga

Apabila buah mangga telah matang dan siap untuk dipanen, maka buah mangga biasanya mengeluarkan aroma khas yang sangat harum dan cenderung mengeluarkan getah.

Namun, jika mangga mengeluarkan aroma berbau asam yang menusuk hidung, maka buah mangga tersebut terlalu matang.

Itu dia beberapa tips memilih buah mangga yang manis dan matang. Tips-tips tersebut bisa Moms gunakan untuk memilih buah mangga di pasar atau toko buah saat musim panen kali ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News