Keluarga

Tips Memilih Brokoli Segar dan Cara Menyimpannya Agar Awet

Tips Memilih Brokoli Segar dan Cara Menyimpannya Agar Awet

MOMSMONEY.ID -  Simak tips memilih brokoli segar dan cara menyimpan brokoli agar tetap segar.

Sebelum mengetahui cara menyimpan brokoli agar tetap awet dan tak mudah menguning, Anda wajib tahu tips pilih brokoli yang berkualitas baik.

Brokoli salah satu jenis sayuran cukup sulit disimpan. Sebab, brokoli akan mudah menguning lalu membusuk apabila memiliki tingkat kelembapan yang tinggi. Sebaliknya, brokoli juga akan mudah layu apabila mengalami dehidrasi.

Agar brokoli tetap segar dan tahan lama, Momsmoney membagikan tips memilih brokoli yang berkualitas baik hingga cara menyimpan brokoli. Melansir  Lacademie dan Eating Well, berikut tipsnya!

Beli brokoli segar

Untuk dapat menjaga keawetan brokoli sekaligus menjaganya agar tak mudah menguning, Anda harus memilih brokoli yang segar. Sebab, salah satu cara paling efektif menjaga kesegaran brokoli adalah dengan memilih brokoli yang berkualitas baik.

Ada beberapa faktor yang akan membantu Moms dapat memilih brokoli dengan kualitas baik, yakni:

  • Permukaan warna brokoli hijau merata tanpa spot kuning ataupun kecoklatan
  • Mengeluarkan bau segar khas brokoli, bukan bau menusuk yang tak sedap
  • Batang brokoli harus keras & tidak lunak

Baca Juga: Lengkuas dan Jahe: Persamaan, Perbedaan, Serta Bahan Pengganti sebagai Bumbu Masakan

Simpan dalam kulkas secepat mungkin

Untuk menjaga kesegaran brokoli, Moms harus menyimpan brokoli segera setelah membelinya. Semakin cepat menyimpannya dalam kulkas, makin lama pula masa simpan brokoli.

Disarankan menyimpan dalam kurun waktu kurang dari 30 menit setelah membeli brokoli. Ini ditujukan agar brokoli tetap terjaga kesegarannya dan tak terlalu lama kehilangan kelembapannya.

Jangan dicuci

Jika Moms hanya ingin membeli brokoli sebagai cadangan makanan di rumah dan tak berniat untuk mengolahnya dalam jangka waktu dekat, maka usahakan jangan mencuci brokoli tersebut.

Brokoli akan mudah menguning jika sudah dicuci, sebab kelembapannya jadi meningkat dan dapat membuat brokoli jadi mudah membusuk. Cukup taruh brokoli di rak dapur dengan suhu kamar, maka brokoli akan awet 1-2 hari.

Menjaga kesegaran brokoli agar tak layu

Moms juga dapat memasukkan batang brokoli ke dalam toples berisi air untuk menghidrasinya kembali tanpa perlu dicuci. Dengan cara ini, brokoli akan tetap segar selama lebih dari 2 hari.

Baca Juga: 5 Tips Aman Menyimpan ASI dalam Kulkas Tanpa Kontaminasi Bakteri

Disimpan dalam handuk basah

Tips Menyimpan Brokoli Agar Awet dan Tetap Segar

Jika ingin brokoli awet dan tetap segar, simpanlah brokoli di dalam handuk lembab. Ini memungkinkan brokoli awet hingga 3-4 hari.

Sara menyimpan brokoli dalam handuk basah di antaranya:

  1. Siapkan botol semprot, air dingin, garpu, dan handuk bersih
  2. Semprotkan kepala brokoli menggunakan air dingin, lalu gunakan handuk untuk membungkus kepala brokoli dengan bungkusan yang longgar & tak terlalu erat.
  3. Simpan brokoli dalam kulkas & periksa secara teratur.

Baca Juga: 3 Cara Memasak Daging Kambing Agar Tidak Berbau Menyengat Saat Dikonsumsi

Simpan dalam kantung plastik

Membungkus Brokoli

Jika Moms ingin menyimpan brokoli tanpa perlu ribet mengeceknya berulang kali, Moms bisa menggunakan cara yang satu ini.

Pertama-tama, simpan brokoli dalam kantung plastik, lalu ikat. Pastikan Moms melubangi beberapa bagian plastik sebagai ventilasi agar brokoli masih bisa “bernafas” dan supaya kelembapan dalam plastik tidak terlalu tinggi.

Selanjutnya, masukkan brokoli yang telah dibungkus ke dalam kulkas.

Dengan menggunakan cara ini, brokoli dapat awet selama 2-3 hari saja. Namun, tidak disarankan menggunakan cara yang satu ini apabila Moms ingin menyimpan brokoli dalam jangka waktu yang panjang.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah Beli, Ini 6 Ciri Daging Ayam Segar yang Perlu Moms Ketahui

Simpan dalam freezer

Metode terbaik menyimpan brokoli agar tetap segar adalah dengan menyimpannya dalam freezer.

Cara ini adalah langkah terbaik menyimpannya dalam jangka waktu lama, bahkan hingga 1 tahun lamanya

Baik itu brokoli mentah, brokoli yang sudah dipotong, maupun brokoli yang sudah matang, semua jenis brokoli ini dapat bertahan hingga 1 tahun jika disimpan dengan baik di dalam freezer.

Itulah beberapa tips memilih brokoli segar sekaligus cara-cara menyimpan brokoli yang efektif untuk menjaganya agar tak mudah menguning. Yuk, tiru tips-tips di atas!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News