HOME, Keluarga

Tips Membuat Taman dalam Rumah, Interior Jadi Cerah dan Segar!

Tips Membuat Taman dalam Rumah, Interior Jadi Cerah dan Segar!

MOMSMONEY.ID - Taman dalam rumah atau inner courtyard bisa menjadi solusi dan alternatif bagi Anda yang tidak memiliki lahan yang cukup untuk berkebun atau mengoleksi tanaman hias di rumah.

Dilansir dari Houzz, keberadaan taman dalam rumah tidak hanya bisa mempercantik rumah, tapi juga bisa membantu meningkatkan sirkulasi udara dan pencahayaan alami di rumah, sehingga dapat menurunkan biaya listrik. Cukup menguntungkan, bukan?

Nah, jika Anda tertarik untuk membuat taman dalam rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yuk, simak tipsnya di bawah!

Baca Juga: Ide Desain Taman Minimalis yang Mewah, Terlihat Cantik dan Bikin Betah!

Tentukan lokasi yang tepat

Pertama, Anda perlu menentukan lokasi yang tepat untuk taman dalam rumah. Idealnya, taman dalam rumah bisa Anda tempatkan di antara dapur atau ruang makan supaya penghuni rumah bisa makan sambil melihat pemandangan taman yang cantik.

Namun, sebenarnya pemilihan lokasi ini tergantung pada selera dan keinginan Anda. Yang jelas, pastikan lokasinya mudah dan aman untuk diakses.

Tentukan material yang digunakan

Selanjutnya, tentukan material apa saja yang akan digunakan untuk taman dalam rumah, terutama untuk menutupi flooring atau area lantai taman.

Ada beragam material yang bisa dipilih sesuai dengan selera dan kebutuhan, misalnya tanah, batu paving, kerikil, bahkan semen hingga keramik.

Gunakan dekorasi yang beragam

Supaya taman dalam rumah makin cantik, jangan lupakan faktor dekorasi. Penataan dekorasi yang tepat akan sangat berpengaruh pada tampilan akhir taman Anda.

Anda bisa menggunakan kerikil-kerikil atau batu alam, jalan setapak, kolam ikan, hingga air mancur. Jangan lupa untuk menambahkan tanaman kesukaan Anda, misalnya pohon, tanaman hias, hingga rumput.

Baca Juga: Ingin Membuat Rooftop Garden di Rumah? Perhatikan Hal Ini

Sesuaikan desain taman dengan interior rumah

Karena dibuat di bagian dalam atau interior rumah, tentu desain taman dalam rumah harus sesuai dengan gaya interior rumah supaya terlihat serasi atau harmonis.

Misalnya, jika interior rumah Anda menggunakan gaya minimalis, buatlah taman yang terlihat minimalis. Atau, jika Anda menggunakan interior bergaya Jepang atau Japandi, coba buat taman yang bergaya sama.

Gunakan desain dan dekorasi yang simpel

Tampilan taman yang terlalu rimbun dan berantakan tentu akan mengurangi estetikanya, sehingga tidak enak dipandang.

Jadi, cukup gunakan desain dan dekorasi taman yang simpel. Hindari menggunakan terlalu banyak dekorasi dan pernak-pernik supaya taman Anda tampil cantik tanpa terlihat mencolok atau berlebihan.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat akan membuat taman di dalam rumah. Intinya, rencanakan desain taman Anda dengan baik dan buatlah senyaman mungkin.

Semoga artikel ini berguna untuk Anda, dan selamat mempraktikkan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News