ads

Tips Membersihkan Rumah untuk Sambut Ramadan, Puasa Makin Nyaman!

Reporter: Kania Paramahita
Minggu, 03 April 2022 | 05:30 WIB
Tips Membersihkan Rumah untuk Sambut Ramadan, Puasa Makin Nyaman!


MOMSMONEY.ID - Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadan, ada beragam persiapan yang dapat dilakukan di rumah.

Salah satu persiapan yang sering dilakukan adalah membersihkan seisi rumah dengan lebih menyeluruh dibanding biasanya.

Selain membuat rumah lebih bersih dan kinclong, membersihkan rumah menjelang atau di awal bulan Ramadan juga dapat menghindarkan Anda dari kelelahan jika melakukan bersih-bersih rumah di tengah-tengah Ramadan. Sebagai bonus, rumah yang bersih akan membuat ibadah Ramadan lebih nyaman.

Jadi, apa saja yang bisa dilakukan untuk membersihkan dan merapikan rumah menjelang Ramadan? Berikut tipsnya untuk Anda.

Baca Juga: 4 Tips Mengatasi Bau Tidak Sedap di Kamar Mandi, Udara Jadi Segar!

Lakukan decluttering

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan rumah menjelang Ramadan adalah decluttering atau menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak terpakai.

Melansir laman Zameen.com, melakukan decluttering dapat membuat rumah Anda lebih tertata dan bersih, sehingga membantu fokus dan konsentrasi saat melakukan ibadah Ramadan di rumah.

Dikutip dari Becoming Minimalist, berikut beberapa tips mudah untuk melakukan decluttering:

  • Buat daftar atau checklist mengenai barang-barang yang perlu disingkirkan di rumah Anda, atau lokasi yang perlu dirapikan terlebih dahulu.
  • Siapkan beberapa kotak dengan kategori berbeda, misalnya kotak untuk sampah, kotak untuk barang yang akan disumbangkan, kotak untuk barang yang akan disimpan, hingga kotak untuk barang yang masih bisa diperbaiki.
  • Sortir barang-barang Anda dengan berbagai pertimbangan, seperti apakah barang tersebut masih layak digunakan atau apakah barang tersebut masih diperlukan di masa depan.
  • Jangan ragu untuk meminta bantuan dari teman atau keluarga untuk melakukan decluttering.

Baca Juga: Mengenal Tanda-Tanda Kualitas Udara yang Buruk di Rumah, Yuk Waspada!

Bersihkan rumah seperti biasa

Selanjutnya, Anda perlu membersihkan rumah seperti biasa. Sebagai tambahan, Anda dapat membersihkan beberapa area khusus yang jarang disentuh, seperti langit-langit, kolong tempat tidur, celah antarfurnitur, dan lain-lain.

Berikut beberapa contoh kegiatan bersih-bersih rumah yang bisa dilakukan:

  • Membersihkan debu dengan kemoceng
  • Menyapu dan mengepel lantai
  • Menyedot debu di lantai dengan vacuum cleaner
  • Mengelap furnitur
  • Mencuci pakaian
  • Membersihkan seluruh permukaan dapur
  • Membersihkan seluruh permukaan kamar mandi

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Bau Apek di Kamar Tidur, Mudah dan Cepat!

Rapikan barang-barang yang berceceran

Terakhir, Anda dapat merapikan dan menata ulang barang-barang yang berceceran di seluruh penjuru rumah. Pastikan tidak ada benda-benda tak terpakai yang tergeletak sembarangan dan mengganggu tampilan interior rumah Anda.

Sambil merapikan barang-barang di rumah, cobalah untuk mencatat barang-barang apa saja yang perlu diperbaiki atau diganti, misalnya furnitur kayu yang perlu dipoles ulang, kulkas yang perlu diperbaiki, atau AC yang perlu dibersihkan. Jadi, rumah Anda akan terlihat bersih dan sempurna saat Ramadan.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan rumah menjelang Ramadan. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TOPIK TERPOPULER