HOME, Keluarga

Tips Membersihkan Gelas Kaca yang Pecah, Tak Perlu Khawatir Terluka!

Tips Membersihkan Gelas Kaca yang Pecah, Tak Perlu Khawatir Terluka!

MOMSMONEY.ID - Pecahan gelas dan piring kaca merupakan salah satu jenis kotoran yang cukup sulit untuk dibersihkan.

Tak hanya sulit dilihat dengan mata telanjang, pecahan-pecahan gelas yang berserakan bisa saja melukai Anda tanpa sengaja bila terinjak atau tertusuk saat dipegang.

Nah, supaya tidak melukai Anda dan penghuni rumah lainnya, pecahan gelas dan piring kaca perlu dibersihkan dengan cermat. Jangan khawatir, caranya tidak sulit, kok. Yuk, simak tipsnya berikut ini!

Baca Juga: 7 Cara Menjaga Dapur Supaya Tetap Bersih, Mudah Dilakukan!

Gunakan perlindungan

Sebelum mulai membersihkan pecahan gelas dan piring kaca, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melindungi diri sendiri supaya tidak mudah terluka oleh pecahan kaca tersebut.

Dikutip dari laman Bon Appétit, Anda bisa menggunakan sarung tangan dan alas kaki dengan lapisan yang cukup tebal, misalnya sarung tangan karet dan sandal jepit. Sebisa mungkin, hindarkan anak-anak dan hewan peliharaan dari area pecahan kaca tersebut.

Siapkan tas kresek berlapis

Selanjutnya, siapkan tas kresek berlapis untuk meletakkan pecahan-pecahan kaca yang akan dibuang. Lapisan ini penting, sebab meminimalisir risiko pecahan kaca yang dapat menusuk dan melubangi tas kresek saat dibuang nanti.

Selain menggunakan dua tas kresek yang berlapis, Anda juga bisa meletakkan beberapa lembar tisu tebal di bagian dalam tas kresek sebagai pelapis ekstra.

Singkirkan pecahan berukuran besar

Setelah siap, mulailah dengan menyingkirkan pecahan-pecahan kaca berukuran besar terlebih dahulu. Ambil pecahan-pecahan kaca dengan tangan yang sudah terlindungi sarung tangan, lalu letakkan di tas kresek berlapis.

Selain mengambil secara manual, Anda juga bisa menggunakan sapu dan pengki untuk menyingkirkan pecahan kaca tersebut. Melansir laman Good Housekeeping, hindari menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot pecahan kaca karena dapat merusak mesin dan bagian dalam vacuum cleaner Anda.

Baca Juga: Awas, Ini Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Mencuci Pakaian

Bersihkan pecahan berukuran kecil

Ketika membersihkan pecahan kaca, terkadang ada pecahan-pecahan berukuran kecil yang sulit untuk disapu dan diambil secara manual.

Dilansir dari The Kitchn, ada beberapa trik mudah yang bisa digunakan untuk membersihkan pecahan kaca kecil tersebut, yaitu:

  • Kentang: belah kentang menjadi dua, lalu tekan-tekan bagian yang datar di area lantai supaya pecahan kaca bisa menempel atau menancap di kentang tersebut.
  • Roti tawar: gunakan selembar roti tawar (lebih tebal lebih baik), lalu tekan-tekan di area lantai untuk mengangkat pecahan kaca di lantai tersebut.
  • Lakban: gunakan lakban yang lebar dan tebal dan tempelkan di lantai supaya pecahan kaca menempel dan terangkat dengan mudah.
  • Tisu: gunakan tisu yang tebal, kemudian lipat dan basahi sedikit. Tekan-tekan tisu tersebut hingga pecahan kaca menancap di permukaan tisu. Hati-hati agar pecahan kaca tidak menembus tisu dan melukai tangan Anda.

Ketika menggunakan salah satu dari empat cara di atas, pastikan Anda mengulanginya beberapa kali hingga lantai bersih dengan sempurna.

Baca Juga: 4 Hal Penting Diperhatikan Jika Gunakan Pembersih Rumah Buatan Sendiri

Periksa lantai untuk mencari sisa pecahan kaca

Terakhir, jangan lupa untuk periksa kembali seluruh area pecahan kaca untuk mencari sisa-sisa pecahan yang belum tersingkir. Pastikan Anda memeriksa sejauh mungkin, karena pecahan kaca bisa terlontar cukup jauh.

Untuk membantu Anda mencari sisa pecahan kaca, coba gunakan senter dan arahkan cahayanya ke permukaan lantai. Cahaya dari senter akan membantu Anda menemukan pecahan kaca dengan lebih mudah.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membersihkan gelas atau piring kaca di rumah. Selamat mencoba, dan semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News