Santai

Tips Laptop Awet, Begini Cara Kalibrasi Baterai Laptop biar Tahan Lama

Tips Laptop Awet, Begini Cara Kalibrasi Baterai Laptop biar Tahan Lama

MOMSMONEY.ID - Menjaga kesehatan baterai laptop adalah hal yang penting. Salah satunya, dengan cara kalibrasi baterai laptop. Hal ini dilakukan untuk memperpanjang masa pakai baterai laptop. 

Cara kalibrasi baterai laptop cukup mudah. Perlu diketahui, kalibrasi laptop ini perlu dilakukan sesekali agar Anda tahu perkiraan yang lebih akurat tentang sisa daya baterai laptop. 

Anda tidak perlu melakukan kalibrasi laptop sesering mungkin. Direkomendasikan kalibrasi laptop setiap dua hingga tiga bulan. 

Jika Anda tidak mengetahui caranya, artikel ini memberikan informasi mengenai cara kalibrasi baterai laptop agar tahan lama dan akurat. 

Baca Juga: 7 Aplikasi Presentasi untuk Android dan iPhone, Begini Cara Bikin PPT di HP

Lalu, apa efeknya jika tidak pernah melakukan kalibrasi laptop? Mengutip How to Geek, laptop akan tiba-tiba mati saat digunakan. 

Ketika ini terjadi, sudah waktunya untuk mengkalibrasi baterai. Beberapa perangkat modern mungkin tidak memerlukan kalibrasi baterai sama sekali.

Misalnya, Apple merekomendasikan kalibrasi baterai untuk Mac lama dengan baterai yang dapat diganti pengguna, tetapi mengatakan itu tidak diperlukan untuk Mac portabel modern dengan baterai bawaan.

Periksa dokumentasi pabrikan perangkat Anda untuk mengetahui apakah kalibrasi baterai diperlukan pada perangkat Anda atau tidak.

Berikut cara kalibrasi baterai laptop secara manual:

1. Isi daya baterai laptop Anda hingga penuh. 

2. Biarkan baterai beristirahat setidaknya selama dua jam, biarkan komputer tetap terhubung. Ini akan memastikan baterai tetap dingin dan tidak panas dari proses pengisian.

Anda bebas menggunakan komputer secara normal saat dicolokkan, tetapi pastikan komputer tidak terlalu panas.

3. Masuk ke pengaturan manajemen daya komputer Anda dan atur agar secara otomatis hibernasi dengan baterai 5%.

4. Buka Control Panel > Hardware and Sound > Power Options > Change plan settings > Change advanced power settings.

5. Lihat di bawah kategori "Baterai" untuk opsi "Tindakan baterai kritis" dan "Tingkat baterai kritis".

6. Cabut steker listrik dan biarkan laptop Anda menyala dan kosong hingga secara otomatis hibernasi. Anda dapat tetap menggunakan komputer Anda secara normal saat hal ini terjadi.

7. Biarkan laptop Anda selama lima jam atau lebih setelah secara otomatis hibernasi atau mati.

8. Colokkan kembali komputer Anda ke stopkontak dan isi daya hingga 100%. Anda dapat tetap menggunakan komputer seperti biasa saat mengisi daya.

9. Pastikan pengaturan manajemen daya diatur ke nilai normalnya.

Misalnya, Anda mungkin ingin komputer mematikan layar secara otomatis dan kemudian tidur saat Anda tidak menggunakannya untuk menghemat daya baterai. Anda dapat mengubah pengaturan ini saat komputer mengisi daya.

Baca Juga: 10 Tips biar Baterai HP Awet dan Enggak Boros, Lakukan Hal Berikut

Cara mengisi baterai laptop tanpa kabel

Berikut cara mengisi baterai laptop tanpa charger:

1. Kabel Type C

Jika port pengisi daya tidak berfungsi, Anda dapat menggunakan konektor Tipe-C untuk memberi daya pada laptop Anda dari sumber lain.

Anda dapat menggunakan konektor Tipe-C untuk memberi daya pada laptop dari bank daya yang kompatibel. Sebagai alternatif, Anda dapat menyambungkan kabel Tipe-C ke adaptor dan mengambil daya langsung dari stopkontak.

Mengingat peningkatan cepat dalam penggunaan Tipe-C untuk mengirimkan daya dan data, semakin banyak perangkat yang menampilkan port USB-C.

Dan tidak seperti bank daya, metode adaptor Tipe-C lebih murah, lebih andal, dan lebih cepat.

2. Gunakan baterai laptop eksternal

Baterai laptop eksternal mirip dengan bank daya tetapi menyimpan lebih banyak energi dan tidak akan mencuri daya dari perangkat seluler dan ponsel cerdas Anda yang lain.

Menggunakan baterai laptop eksternal adalah ide bagus saat baterai laptop Anda habis, atau port pengisi daya tidak berfungsi.

Anda dapat menyambungkan baterai ke laptop Anda menggunakan kabel Tipe-C dan kemudian stop kontak untuk memberikan daya sebanyak yang dibutuhkan laptop Anda.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Laptop Terhindar dari Overheat, Bisa Dilakukan Sendiri

3. Ponsel

Begini caranya:

  • Hubungkan laptop ke telepon dengan kabel Type-C
  • Buka opsi perangkat pengisian daya di menu notifikasi Anda.
  • Tekan opsi untuk memasok daya di layar ponsel.
  • Itu tidak akan memberi banyak pekerjaan pada laptop Anda, terutama jika tidak diisi setidaknya 90%.
  • Tetapi ada beberapa peringatan untuk metode ini. Pertama, ini membutuhkan kabel Tipe-C ke Tipe-C. Kedua, itu tergantung pada kemampuan ponsel untuk meminjamkan daya ke perangkat lain.
  • Terakhir, paling baik digunakan pada laptop dengan watt sangat rendah untuk menghindari menguras ponsel terlalu cepat.

Nah, itulah tips laptop awet dengan kalibrasi laptop. Cara kalibrasi baterai laptop bisa Anda coba dan ikuti. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News