Tips Kembangkan Bisnis UMKM ala Tommy Teja

Reporter: Jane Aprilyani
Kamis, 18 Agustus 2022 | 21:21 WIB
Tips Kembangkan Bisnis UMKM ala Tommy Teja

ILUSTRASI. Konten kreator kewirausahaan Tommy Teja bagi tips untuk kembangkan bisnis


MOMSMONEY.ID - Bagi banyak masyarakat, untuk bisa memiliki dan menjalankan usahanya sendiri merupakan suatu pencapaian yang membanggakan dan tidak sedikit pelaku UMKM yang berhasil menyalurkan keahlian atau ketertarikan mereka dalam suatu bidang menjadi sebuah sumber mata pencaharian. Pesatnya perkembangan teknologi pun semakin mendukung banyak pelaku UMKM untuk menjangkau semakin banyak pelanggan di luar lingkup tempat tinggal mereka.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mencatat bahwa per Mei 2022, jumlah UMKM yang telah masuk ke ekosistem digital telah mencapai angka 19 juta dan pemerintah pun menargetkan sebanyak 30 juta UMKM untuk masuk ke ekosistem digital pada tahun 2030. Namun, untuk terus bertahan dan semakin berkembang, pelaku UMKM harus cermat dalam memilih layanan yang digunakan untuk operasional bisnis mereka.

Menanggapi hal tersebut, Tommy Teja, seorang content creator dalam bidang kewirausahaan bersama ShopeePay mengajak para pelaku UMKM untuk mengedepankan kepuasan pelanggan dan semakin mengoptimalkan operasional bisnis mereka agar dapat pulih dan bangkit dari dampak situasi pandemi.

Baca Juga: Promo Kopi Kenangan 18-19 Agustus 2022, Beli 5 Cuma Rp 55.000 di GrabFood

Tommy mengatakan potensi yang dimiliki para pelaku UMKM di Indonesia sangatlah besar, khususnya mereka yang baru memulai bisnis online dan berjualan melalui kanal media sosial. Banyak sekali pelaku UMKM yang menghadirkan berbagai produk dengan ide yang baru dan inovatif. Hal ini akan menjadi semakin baik apabila didukung dengan penggunaan fitur yang tepat untuk bisnis UMKM, termasuk fitur Transfer Gratis dari ShopeePay.

Tommy membagikan tiga alasan mengapa layanan Transfer Gratis dari ShopeePay merupakan layanan yang cocok untuk digunakan oleh pelaku UMKM mana pun di Indonesia.

1. Semakin hemat karena Merdeka Biaya Transfer

Dalam berbisnis, mengerahkan segala upaya untuk memaksimalkan keuntungan adalah hal yang lumrah. Agar pelaku UMKM yang condong masih berjualan melalui media sosial dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, pertimbangkan untuk menggunakan layanan Transfer Ke Mana Pun dari ShopeePay untuk membebaskan pelanggan dari biaya admin saat bertransaksi melalui metode transfer.

Baca Juga: 4 Teknik Relaksasi Sederhana untuk Membantu Anak Remaja Mengatasi Stres

“Layanan Transfer Gratis ini pun sangat cocok untuk diinformasikan kepada pelanggan yang hendak menyelesaikan pembayaran mereka dengan melakukan transfer. Karena layanan ini membantu penggunanya untuk Merdeka dari Biaya Transfer. Selain itu, pelaku UMKM pun dapat menggunakan fitur ini untuk melakukan berbagai pembayaran vendor tanpa harus mengkhawatirkan tentang pengeluaran yang terbilang boros karena mereka bisa melakukan transfer tanpa biaya admin,” jelas Tommy. 

2. Merdeka kuota harian, bisa transfer ke lebih banyak vendor 

Bagi UMKM, pengelolaan keuangan sangat berhubungan dengan kemajuan usaha dan kinerja keuangan bisnis. Salah satu kunci dari kesuksesan suatu bisnis adalah perencanaan operasional yang matang. Dengan adanya layanan Transfer Gratis dari ShopeePay, pelaku usaha dibebaskan dari keterbatasan menikmati layanan transfer tanpa biaya admin dengan kuota tertentu.

3. Nikmati pembayaran langsung sampai 

Ada pepatah yang mengatakan bahwa waktu adalah uang. Hal ini terbukti melalui berbagai buku yang telah diterbitkan yang mengulas berbagai upaya yang dapat dilakukan oleh pelaku usaha untuk memaksimalkan efisiensi dan menghemat waktu.

“Setiap pelaku UMKM pasti memiliki banyak hal yang harus ditangani setiap harinya. Maka dari itu, fitur ini sangat cocok digunakan oleh pelaku UMKM karena mereka tidak perlu khawatir tentang dana yang dikirimkan kepada vendor ataupun oleh pelanggan kepada mereka,” ujar Tommy. 

Baca Juga: Project 1945, Parfum Lokal yang Siap Harumkan Indonesia ke Luar Negeri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Jane Aprilyani

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER