Keluarga

Tips Jitu Masak Daging Bebek Supaya Daging Empuk Anti Bau Amis

Tips Jitu Masak Daging Bebek Supaya Daging Empuk Anti Bau Amis

MOMSMONEY.ID - Kesulitan memasak daging bebek? Simak tips memasak daging bebek supaya tidak alot dan berbau amis.

Daging bebek salah satu jenis daging yang memiliki tingkat kesulitan tinggi saat dimasak. Salah sedikit, daging bebek akan berubah jadi super alot.

Namun daging bebek punya citarasa yang luar biasa nikmat apabila diolah dengan benar. Nah, bagi Anda yang ingin coba memasak daging bebek, simak tips memasak daging bebek supaya tidak alot dan berbau amis, dilansir dari Tupperware!

Daging bebek harus bersih

Supaya daging bebek yang dimasak tidak berbau amis, maka pertama-tama bersihkan daging bebek hingga sempurna. Periksa daging bebek sewaktu-waktu masih ada bulu yang tersisa, dan cabutlah hingga seluruhnya rontok.

Setelah itu, bersihkan bagian jeroan & brutu (bagian pantat) hingga benar-benar bersih. Sebab biasanya bau amis pada daging bebek bersumber dari kedua bagian ini yang tak diolah dengan bersih.

Jangan lupa siram daging bebek beserta jeroan dan brutu dengan perasan air lemon selama 30 menit. Proses ini selain dapat menghilangkan bau amis, juga dapat menambah cita rasa daging bebek jadi semakin lezat.

Baca Juga: Punya Bau yang Khas, Ini 4 Cara Hilangkan Bau Lumpur Pada Ikan Air Tawar

Potong daging bebek

bebek panggang

Tips masak daging bebek supaya tidak alot bisa dilakukan dengan memotongnya sesuai bagiannya masing-masing.

Berhati-hatilah pada tahapan yang satu ini, sebab salah memotong sedikit saja dapat memengaruhi tekstur daging bebek, loh!

Teknik memotong daging bebek yang paling tepat bisa disesuaikan dengan cara masak yang diinginkan. Apabila bebek akan dipanggang / dibakar, maka biasanya bebek harus dalam keadaan utuh hingga matang, barulah dipotong sesuai selera.

Apabila bebek akan digoreng, maka sebaiknya daging bebek dipotong menjadi 4 bagian sama besar. masing-masing bagian tersebut harus berukuran sedang.

Dengan begini daging bebek yang akan Anda sajikan tak akan alot.

Baca Juga: 6 Cara Mengolah Daging Sapi Pakai Bahan Tradisional Agar Empuk dan Mudah Dikunyah

Rebus daging bebek untuk cegah bau

Tips masak daging bebek agar bau amisnya bisa benar-benar hilang dapat dilakukan dengan teknik perebusan.

Coba rebus daging bebek dalam air yang sudah dicampur dengan aneka rempah seperti potongan jahe, lengkuas, serai hingga daun jeruk & salam selama 1 jam penuh. Cara ini dapat membuat bau amis pada daging bebek menghilang.

Namun apabila Anda sekaligus ingin membuat daging bebek jadi empuk, bisa rendam terlebih dahulu daging bebek dalam bumbu tersebut selama 3 jam, kemudian barulah direbus.

Opsi lain bisa dengan merebus daging bebek bersama air dan potongan nanas, sebab kandungan bromelain dalam buah nanas dapat memecah protein pada daging sehingga serat daging yang alot dapat melunak.

Baca Juga: 4 Cara Memilih Daging Sapi yang Masih Segar

Bebek Goreng

Diamkan daging di kulkas

Ingin hasilkan daging bebek yang gurih, empuk, dan anti bau amis? Maka daging bebek yang tadi telah direbus bisa disimpan dalam wadah kedap udara & disimpan dalam kulkas.

Daging bebek ini dapat terjaga kesegarannya serta jadi lebih juicy ketika disimpan di dalam kulkas. Ketika nanti daging bebek digoreng ataupun dipanggang, maka daging bebek jadi lebih mudah dikunyah.

Baca Juga: Anti Kolesterol, 5 Cara Memasak Daging Ini Bikin Masakanmu Jadi Lebih Sehat

Jangan terlalu lama memasak

Untuk bisa hasilkan daging bebek yang tak alot, maka perhatikanlah cara memasaknya.

Jika Anda ingin menggoreng atau memanggang daging bebek, usahakan jangan terlalu lama. Cukup masak hingga bagian luarnya terlihat garing. Apabila dimasak terlalu lama, biasanya daging bebek malah berubah jadi alot. Alhasil, daging bebek jadi tak dapat dinikmati.

Itulah beberapa tips memasak daging bebek agar dagingnya tak alot dan berbau amis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News