Tips Jadi Konten Kreator Sukses Ala Dokter

Reporter: Jane Aprilyani
Kamis, 24 November 2022 | 20:07 WIB
Tips Jadi Konten Kreator Sukses Ala Dokter

ILUSTRASI. Content Creator, Youtuber. 


MOMSMONEY.ID - Siapa saja bisa menjadi konten kreator, tak terkecuali seorang dokter sekali pun. Apalagi dengan sarana penunjang yang sudah semakin mudah dan canggih. Sang dokter bisa membagikan informasi edukatif ke semua orang secara online dari satu tempat.  

Contohnya, dokter muda bernama dr. Dina Oktaviani M.biomed (AAM). Memiliki gelar master di bidang anti aging yang juga sebagai konten kreator di platform SnackVideo, dokter Dina merupakan sosok di balik akun bernama @bukandoktercinta di SnackVideo. Dengan konten-konten yang edukatif dan berisi informasi bermanfaat untuk audiens, akun yang Dokter Dina kelola tersebut bahkan sudah memiliki lebih dari 5,3 juta pengikut.  Hingga saat ini, seluruh videonya sudah mendapatkan 3,2+ juta likes

Berawal dari keisengannya membuat konten selama pandemi Covid-19 dua tahun lalu, kini ia ketagihan karena telah merasakan manfaat dari unggahan kontennya. “Sering banget sekarang disapa orang lain dengan sapaan “dokter yang itu ya”. Saya memang jauh lebih dikenal banyak orang dari konten-konten saya di SnackVideo,” ujarnya dalam keterangan yang diterima Momsmoney.

Dari popularitas itu, dokter Dina mengaku bahwa jumlah pasiennya turut bertambah dan klinik juga jadi ramai. "Para produk kecantikan pun banyak yang minta untuk di-endorse," tambah dokter Dina.

Baca Juga: Baru! Promo Burger King November 2022 Sediakan Paket Kings Chicken Rp 25.000

Dari terkenal lewat konten, Dokter Dina banjir pemasukan hingga mampu meraup ratusan juta dalam sebulan. Di akunnya, Dokter Dina memberikan banyak informasi seputar kesehatan, seperti tentang seks edukasi yang baik untuk pasangan resmi, membongkar mitos-mitos seputar kesehatan, hingga ilmu parenting tentang mengatasi anak yang sedang tantrum. “Mungkin penghasilan dari konten itu sendiri tidak seberapa besar, tapi efek dari keberhasilan konten itulah yang membuat saya berhasil,” katanya.   

Di kontennya, ibu dua anak ini konsisten dengan kategori kesehatan bertema ringan yang justru banyak disukai publik. Parasnya yang cantik serta profesinya sebagai seorang dokter tak jarang muncul pro dan kontra di kolom komentar. Namun Dokter Dina punya tips untuk melalui itu semua dan terus fokus berkarya.  

1. Selalu buat konten yang bermanfaat tapi simpel dan menghibur

Dokter yang berpraktek di wilayah Jakarta ini ingin selalu membagikan hal-hal positif sesuai dengan apa yang difokuskan SnackVideo dalam konten-konten yang dipublikasikannya selama ini. Konten pun tak harus dibuat sulit, bahkan masyarakat justru menyukai konten-konten sederhana dan simpel tapi punya bobot makna dalam isi konten itu sendiri.

Kalau sudah bermanfaat dan simpel, jangan lupa untuk mengemasnya dengan hiburan supaya jadi menarik. Dokter Dina seringkali menambahkan unsur lagu-lagu berirama semangat atau yang sedang tren ke dalam kontennya, ditambah dengan aksi jogetnya yang terkadang terlihat malu-malu.

Baca Juga: 7 Kandungan Lipstik yang Sebaiknya Dihindari, Bisa Membahayakan Kesehatan!

2. Cari referensi bahan yang valid

Meski bahasan kontennya sederhana, Dokter Dina ogah untuk mengambil sembarang referensi sebagai bahan. Apalagi mengingat netizen sekarang sudah sangat cerdas dan mampu mengolah informasi dengan lebih baik dibanding dulu, karenanya perlu sebuah rujukan yang valid. 

Selama berkonten, Dokter Dina mereferensikan diri pada jurnal-jurnal kesehatan, buku pelajaran di kampus dulu, dan juga dari bahan-bahan yang didapatkannya ketika mengikuti seminar kesehatan.   

3.  Selalu positive thinking menghadapi komentar 

Tidak perlu semua orang menyukai apa yang kita buat. Itulah yang membuat Dokter Dina terus maju dalam berkarya.  Jika ada yang kontra dengan apa yang ia unggah, dirinya kerap mengkomunikasikannya dengan santai dan bersahabat. Namun jika perdebatan sudah meluas dan keluar konteks, biasanya dokter cantik ini membiarkannya berlalu dan tidak menanggapi lagi.

Namun, terkadang komentar atau respon yang terasa tidak enak untuk diri kita, justru sebenarnya dapat menjadi pemicu semangat diri untuk terus berkarya lebih bagus lagi.  Dengan begitu, sang kreator dapat membuktikan kepada mereka bahwa dirinya sedang berkembang dan akan terus melesat sukses

Baca Juga: Yuk, Intip 5 Cara Cek Tagihan Wi-Fi IndiHome Bisa dari Rumah

Selanjutnya: Kenaikan Suku Bunga Diprediksi Mereda, Indeks Obligasi Sentuh Level Tertinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Jane Aprilyani

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER