Tips dan Trik Mendekorasi Rak Buku yang Keren dan Instagrammable, Yuk Simak!

Reporter: Kania Paramahita
Rabu, 15 September 2021 | 10:43 WIB
Tips dan Trik Mendekorasi Rak Buku yang Keren dan Instagrammable, Yuk Simak!

ILUSTRASI. Di era media sosial, dekorasi rak buku yang keren dan estetik mulai marak. ANTARAFOTO/Maulana Surya/aww.

MOMSMONEY.ID - Keberadaan rak buku merupakan sesuatu yang sudah umum ditemukan di rumah-rumah, khususnya bagi mereka yang hobi membaca. Apakah Anda salah satunya?

Di zaman modern seperti sekarang, kebutuhan akan rak buku yang keren dan estetik sudah mulai marak. Tujuannya, tentu untuk dipajang di akun Instagram atau media sosial lainnya. Foto-foto rak yang cantik dan estetik semacam ini kerap disebut sebagai shelfie atau bookshelfie.

Ingin mendekorasi rak buku supaya terlihat keren dan instagrammable? Nah, kali ini MomsMoney sudah merangkum berbagai tips dari makespace.com, bookriot.com, dan The Spruce soal menata rak buku yang bisa Anda coba. Yuk, simak di bawah!

Baca Juga: Bikin Ruangan Segar, Berikut Inspirasi Kamar Tidur Warna Hijau

Susun buku secara kreatif

Berbeda dengan perpustakaan yang memiliki pengaturan khusus mengenai susunan buku, orang-orang cenderung menata rak buku dengan tatanan dan susunan seadanya di rumah.

Daripada menyusun buku secara sembarangan, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menyusun buku secara kreatif sehingga penampilan rak buku Anda akan terlihat makin cantik dan estetik.

Beberapa contoh ide susunan buku yang bisa Anda coba:

  • Jenis sampul buku, hard cover atau soft cover
  • Warna buku
  • Ukuran dan tinggi buku
  • Judul buku, urutkan secara alfabetik
  • Genre atau tema buku

Tambahkan penahan buku

Penahan buku atau bookend merupakan salah satu barang yang wajib dimiliki para pecinta buku. Pasalnya, keberadaan benda ini dapat membantu menahan buku agar tidak mudah jatuh, terutama saat diletakkan di rak ambalan.

Anda bisa memilih penahan buku dengan desain standar atau memilih penahan buku dengan desain lucu dan unik yang bisa berfungsi ganda sebagai dekorasi yang mempermanis penampilan rak buku.

Baca Juga: Ide Dekorasi Rumah dengan Tanaman Hias Gantung, Mudah dan Hemat Ruang

Tambahkan aksesoris

Jika rak buku Anda cukup besar dan lebar, tak jarang ada area lebih di dalamnya yang bisa Anda manfaatkan untuk meletakkan barang-barang lain selain buku.

Supaya penampilan rak buku tidak monoton, coba tambahkan dekorasi, aksesoris, atau pernak-pernik kecil lainnya di rak buku. Anda dapat menambahkan bingkai foto, hasil karya, atau figurin kecil. Selain mempercantik rak buku, keberadaan barang-barang tersebut juga dapat memberi sentuhan personal pada rak buku Anda.

Tambahkan pencahayaan

Sebagai pelengkap, Anda dapat menambahkan pencahayaan di dalam rak buku untuk membantu menonjolkan atau meng-highlight koleksi buku Anda.

Umumnya, lampu Tumblr atau string lights yang dipasang di sekeliling rak buku merupakan cara yang banyak digunakan untuk menghias rak buku. Namun, Anda juga bisa memilih menggunakan lampu dekoratif lainnya yang cocok dengan selera dan tema dekorasi interior rumah Anda.

Nah, itulah beberapa tips dan trik untuk mendekorasi rak buku yang keren dan instagrammable. Bagaimana, mudah kan?

Selamat mencoba!

Selanjutnya: Moms, Ini 5 Tips Mendesain Kamar Bayi yang Aman dan Nyaman

Editor: Kania Paramahita
Terbaru