Keluarga

Tips dan Trik Membersihkan Dapur yang Berminyak, Coba Yuk!

Tips dan Trik Membersihkan Dapur yang Berminyak, Coba Yuk!

MOMSMONEY.ID - Salah satu masalah yang kadang timbul di dapur setelah memasak adalah dapur yang terasa berminyak dan lengket.

Biasanya, dapur yang berminyak dan lengket kerap terjadi saat memasak sesuatu yang melibatkan minyak dan lemak, seperti menggoreng ikan.

Dapur berminyak dan lengket memang terasa kurang nyaman. Apalagi, minyak di dapur tak hanya menempel pada kompor, tapi juga bisa “tersebar” ke area lain seperti meja dapur, kabinet, dan lantai.

Untungnya, dapur yang berminyak bisa dibersihkan dengan mudah. Dikutip dari Home Hacks, The Kitchn, dan Taste of Home, berikut beberapa trik membersihkan dapur yang berminyak dengan bahan-bahan dapur.

Baca Juga: Tips Membuat Taman Rumah Tampak Lebih Modern dan Kekinian, Coba Yuk!

Gunakan tepung

Supaya lantai atau meja dapur tidak terlalu licin akibat tumpahan atau cipratan minyak, Anda bisa menggunakan tepung untuk membersihkan sisa-sisa minyak tersebut.

Caranya, taburkan tepung di atas tumpahan atau cipratan minyak, lalu biarkan sebentar supaya tepung tersebut menyerap minyak dengan sempurna. Kemudian, bersihkan tepung tersebut dengan sapu atau lap kering. Lantai atau meja dapur yang terkena minyak pun tidak lengket atau licin lagi.

Gunakan sabun cuci piring

Karena didesain untuk mencuci alat masak dan alat makan yang berminyak, sabun cuci piring tentu bisa membantu membersihkan kotoran di permukaan dapur, mulai dari minyak yang lengket hingga bekas makanan yang mengeras.

Caranya, campurkan beberapa tetes sabun cuci piring ke dalam wadah air hangat, lalu celupkan spons atau kain lap basah. Gunakan spons yang sudah dibasahi untuk membersihkan kompor, meja, hingga kabinet dapur.

Gunakan garam

Sedang kehabisan tepung untuk membantu menyerap sisa minyak di permukaan dapur? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan garam sebagai gantinya.

Ya, salah satu bumbu dapur utama ini ternyata juga ampuh menyerap sisa-sisa minyak yang menempel di meja atau lantai dapur. Sama seperti tepung, cukup taburkan garam ke atas tumpahan atau cipratan minyak, lalu diamkan sebentar dan bersihkan menggunakan sapu, tisu, atau kain bersih.

Baca Juga: Tips Merawat Ubin Batu Alam, Dijamin Awet dan Tahan Lama!

Gunakan baking soda dan cuka

Untuk makanan berminyak atau berlemak yang sudah mengeras dan sulit dibersihkan dengan sempurna, Anda bisa mencoba menggunakan campuran baking soda dan cuka.

Caranya, campurkan sekitar 60 gram baking soda dengan beberapa sendok makan air hingga membentuk pasta. Kemudian, oleskan pasta tersebut ke atas sisa makanan yang ingin dibersihkan dan diamkan semalaman.

Besoknya, bersihkan pastanya, lalu semprotkan cuka pada sisa pasta yang masih menempel. Bersihkan semuanya hingga tuntas dengan kain yang sedikit dibasahi.

Gunakan lemon

Terakhir, Anda bisa menggunakan lemon untuk membantu mengangkat bekas minyak yang menempel di permukaan dapur.

Ada beberapa metode yang bisa dilakukan. Pertama, gunakan air lemon dan baking soda yang dicampur membentuk pasta. Selain itu, Anda juga bisa memotong lemon menjadi dua bagian, lalu gunakan lemon tersebut untuk menggosok sisa minyak. Pastikan Anda membersihkan keduanya menggunakan kain bersih.

Itulah beberapa cara untuk membersihkan dapur yang berminyak. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News