AturUang

Tips biar Transaksi Jadi Lebih Praktis dan Anti Ribet Jelang Lebaran

Tips biar Transaksi Jadi Lebih Praktis dan Anti Ribet Jelang Lebaran

MOMSMONEY.ID - Berikut ini tips dari blu by BCA Digital biar transaksi menjadi lebih praktis dan anti ribet menjelang Lebaran.

Mendekati hari raya, semakin banyak pengeluaran yang dibutuhkan, seperti belanja baju baru, bagi-bagi THR untuk keluarga, dan persiapan memasak untuk perayaan Lebaran.

Tidak bisa dipungkiri, sepanjang Ramadan banyak sekali pengeluaran, maka wajib untuk tetap memantau cash flow keuangan, agar THR yang didapatkan tidak hanya terasa “numpang lewat” saja.

Head of Marketing Communications BCA Digital Duardi Prihandiko menyampaikan pentingnya untuk mengatur keuangan lebih bijak dalam momentum spesial seperti Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri.

"Supaya sobat blu tetap wise mengatur keuangan menjelang Lebaran, blu siap jadi sobatperduitan. Salah satunya dengan fitur tracker blu, di mana nasabah bisa memonitor pengeluaran dan pemasukan dalam jangka waktu yang diinginkan, harian, mingguan, atau bulanan," ucap Duardi dalam keterangan tertulis, Jumat (21/4).

Baca Juga: Kiat Cermat Atur Dana THR untuk Mudik Lebaran

Selain mengatur cash flow dengan fitur tracker, blu by BCA Digital membagikan tips supaya transaksi mendekati Hari Raya Idul Fitri menjadi lebih praktis dan anti ribet, yuk, disimak moms.

1. Melakukan pembagian THR dan pengeluaran secara perinci

THR menjadi salah satu alasan Anda untuk bersemangat dalam melakukan pekerjaan di bulan Ramadan. Mengingat THR hanya didapatkan setiap satu tahun sekali, penting jika uang THR juga dapat disimpan untuk dipakai untuk keperluan di masa yang akan mendatang.

Anda dapat menulis secara rinci keperluan yang dibutuhkan, sehingga memudahkan untuk melakukan pos-pos pengeluaran berdasarkan kebutuhan.

Saat ini pun Anda dapat dengan mudah melakukan pengelolaan keuangan dengan kehadiran fitur-fitur perbankan yang diakses cukup menggunakan smartphone.

Salah satunya blu by BCA Digital yang memiliki bluAccount sebagai rekening utama, dan bluSaving sebagai fitur tabungan dan bisa digunakan untuk mengatur pos keuangan. bluSaving menyediakan 20 jenis tabungan berbeda, sehingga dapat membantu pengeluaran bisa lebih teratur.

2. Patungan untuk halal bihalal dengan fitur bluGether

Momen lebaran menjadi waktu yang paling ditunggu untuk halal bihalal bersama keluarga, teman atau kerabat. Berkumpul untuk saling memaafkan, bercengkrama dan menghabiskan waktu untuk bermain dan makan bersama-sama.

Dalam tiap pertemuan halal bihalal biasanya akan membutuhkan budget tersendiri atau menunjuk seseorang untuk menjadi bendahara yang bertugas mengumpulkan uang.

Kalau dulu mengumpulkan uang dengan cara disetor secara langsung atau transfer, saat ini dapat dilakukan dengan cara lebih mudah, menggunakan fitur patungan, bluGether dari blu by BCA Digital.

bluGether memungkinkan patungan online dengan memilih 1 orang sebagai bendahara dan bisa mengajak hingga 24 teman untuk bergabung.

Dengan menggunakan bluGether, patungan online saat halal bihalal jadi bebas drama dan transparan. Tiap anggota bluGether pun bisa mengecek saldo dan melacak transaksi bersama-sama.

Baca Juga: Tips Menentukan Asuransi Kesehatan yang Bisa Perempuan Pertimbangkan

3. Kirim THR cashless

Salah satu ciri khas saat menjelang lebaran, banyak orang-orang yang berbondong untuk menukar uang menjadi nominal yang lebih kecil untuk dibagikan menjadi THR kepada sanak saudara.

Namun, seringkali pengeluaran untuk THR menjadi tidak terkontrol karena tidak bisa dilacak. Terlebih, untuk berbagi THR menjadi semakin rumit jika harus menggunakan amplop dan uang tunai.

Menjawab permasalahan tersebut, BCA Digital hadirkan fitur untuk berbagi THR secara cashless kepada anggota keluarga menggunakan fitur bluGift.

Kelebihan dari fitur bluGift memungkinkan nasabah untuk berbagi uang secara digital, tidak terbatas kepada sesama nasabah BCA Digital saja, melainkan dapat dikirimkan ke bank lainnya.

Selain itu, bluGift dapat dilengkapi dengan kartu ucapan yang bisa ditulis secara custom sesuai keinginan. Pihak penerima nantinya bisa mengklaim dana dan kartu ucapan tersebut cukup melalui Whatsapp atau SMS.

4. Belanja menjelang Lebaran dengan keranjang transaksi blu

Momen bulan suci Ramadan menjadi masa persiapan untuk belanja berbagai macam kebutuhan yang akan digunakan saat Lebaran tiba. Seperti membeli dekorasi hiasan untuk mempercantik rumah, baju baru lebaran, atau bahan pokok untuk keperluan masak lebaran.

Jika hal tersebut dituliskan secara mendetail, akan terbagi menjadi banyak item barang yang ingin dibeli, membuat Anda membutuhkan banyak waktu untuk melakukan transaksi seperti membayar tiap pembelian satu persatu.

Begitulah tips dari blu by BCA Digital biar transaksi menjadi lebih praktis dan anti ribet menjelang Lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News