Tips Berburu Rumah Lelang

Reporter: Jane Aprilyani
Sabtu, 31 Juli 2021 | 09:22 WIB
 Tips Berburu Rumah Lelang

ILUSTRASI. Lelang rumah via online

MOMSMONEY.ID -Sebagai kebutuhan utama, rumah yang ideal menjadi impian banyak orang. Tak heran bila ada orang rela menabung dalam waktu yang lama untuk beli rumah secara tunai, dan ada juga yang memilih kredit pemilikan rumah (KPR).

Tapi, banyak pula orang yang tidak ngotot harus rumah baru. Yang penting, layak ditinggali. Dan kalaupun perlu renovasi, tidak sampai besar-besaran. Nah, bila itu pilihannya, Anda bisa mencari di balai lelang.

Di balai lelang, Anda bisa mendapatkan harga rumah yang jauh di bawah harga rumah baru atau bekas di pasaran. Hal ini diceritakan Siska, salah seorang pegawai swasta di Jakarta Selatan. Tahun lalu, dia mengikuti lelang rumah di laman lelang Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan.

Baca Juga: Beli Rumah Lewat KPR, Ini Rincian Biaya Yang Harus Disiapkan

Menurut Siska, beli rumah di balai lelang sangat meringankan bagi keuangan keluarganya. Bila dibandingkan, harga rumah baru atau bekas di luar lelang cukup jauh. "Apalagi kalau melalui lelang pemerintah. Dihitung-hitung untung 10%," ujar Siska.

Pengalaman pertama membeli rumah secara lelang itu bikin Siska ketagihan. Ia ikut lelang lagi, mengincar rumah di Tangerang, Banten. Tapi sayang, kalah. Toh, dirinya mengaku tertarik untuk mengikuti lelang rumah tahun depan.

Semenarik apa, sih, membeli rumah di balai lelang? Benarkah aman dan sangat menguntungkan dari segi biaya? Simak hal berikut.

Editor: Dikky Setiawan
Terbaru