AturUang

Tips Atur Uang Agar Tak Boncos

Tips Atur Uang Agar Tak Boncos

MOMSMONEY.ID - Mengelola keuangan ibarat membangun rumah dari pondasi awal. Semua komponen atau konsep harus dibentuk hingga menjadi hunian yang nyaman. Sama dengan mengatur pengeluaran dan pemasukan keuangan Anda. Ada beberapa hal yang harus diterapkan agar hidup aman dari segala risiko keuangan.

Valencia Fabian, CFP, Financial Planner Finansialku.com menjelaskan bahwa setiap orang butuh GPS atau penunjuk arah dalam mengelola keuangannya. Mengapa? Agar selama bekerja lima tahun, Anda bisa memiliki pendapatan untuk membeli rumah pertama. Atau menikah tanpa harus berhutang, lalu menyiapkan biaya pendidikan anak hingga sarjana hingga pensiun dengan sejahtera.

Oleh karena itu, Valencia bilang, ada kebiasaan baik yang bisa Anda terapkan dalam mengelola keuangan. Pertama, dari sisi penghasilan, Anda wajib mengetahui arus kas bulanan dan mengatur keuangan bulanan. “Bisa juga memiliki pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan,” ujarnya dalam webinar bluAcademy bertajuk Financial Planning: Biar Kaya atau Biar Sejahtera?.

Kedua yakni dari segi pengeluaran Anda harus memotong kebiasaan konsumtif, memaksimalkan reward dari kartu kredit dan memonitor pengeluaran baik mingguan atau bulanan.

Baca Juga: 5 Manfaat Journaling untuk Kesehatan Mental yang Perlu Anda Tahu

Ketiga, dari segi tabungan ada baiknya meninjau kekayaan bersih baik itu aset atau kewajiban. Lalu optimalkan tabungan yang ada dan memiliki teman untuk menabung bersama-sama.

Keempat dari sisi asuransi, Anda bisa mengkonsolidasikan kebutuhan perlindangan asuransi, meninjau polis asuransi hingga mengoptimalkan alokasi polis asuransi.

Terakhir mengenai investasi, Anda perlu mempelajari perbedaan dan pengelompokkan aset alokasi investasi, kemudian memiliki portofolio investasi dan mengoptimalkan investasi untuk return lebih baik.

Bagi Valencia dengan Anda melakukan empat hal tersebut, setidaknya meminimalisir keuangan dari risiko-risiko tak diinginkan. Dan menjaga keuangan aman untuk jangka waktu yang panjang. “Jadi merencanakan keuangan intinya cek seluruh rasio keuangan,” ungkapnya.

Baca Juga: Waspadai! Ini Bahaya Minum Teh Panas untuk Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News