Keluarga

Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak Di Malam Hari

Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak Di Malam Hari

MOMSMONEY.ID - Bagi orang tua baru, jam tidur yang terganggu karena bayi sering menangis di malam hari adalah hal yang kerap terjadi. Bagi sebagian orang, kondisi ini bisa meningkatkan stress. Simak tips agar bayi bisa tidur nyenyak di malam hari dan Anda bisa tidur tenang. 

Melansir Mayo Clinic dan Nested Bean, kunci utamanya adalah sabar dan memahami kondisi bayi. Moms perlu memahami bahwa kebiasaan tidur bayi akan terus berkembang semakin lama dari awal lahir. 

Bayi yang baru lahir biasanya tidur lebih dari 16 jam per hari. Namun bayi baru lahir memiliki rentang waktu dalam sekali tidur yang singkat. Semakin besar, bayi akan tidur dengan lebih terjadwal. Di usia 3-4 bulan, bayi akan mulai tidur hingga 5 jam dalam satu kali tidur. Hingga usia 1 tahun, bayi mulai tidur hingga 10 jam. 

Baca Juga: 5 Kacang Ini Bikin Kolesterol Jahat Rontok

Namun Anda bisa mulai melatih bayi untuk tidur dengan nyenyak di malam hari. Simak caranya di bawah ini. 

Tips agar bayi tidur nyenyak di malam hari, lakukan secara perlahan dan konsisten
1. Biarkan tidur di kamar Anda, namun harus tidur terpisah
Letakan boks bayi di kamar Anda, biarkan tidur di kamar Anda minimal 6 bulan jika memungkinkan 1 tahun. Ini akan memudahkan Anda mengecek buah hati jika tiba-tiba menangis di tengah malam. 

2. Buat rutinitas yang menenangkan sebelum tidur
Anda bisa meletakkan bayi Anda di ruangan yang tenang dengan ruangan sedikit cahaya. Lakukan aktivitas yang membuatnya tenang sekaligus merasa lelah untuk siap tidur seperti mendengarkan musik yang tenang, berpelukan atau membaca. 

3. Letakkan bayi Anda di tempat tidurnya saat mengantuk namun masih terjaga
Ini membuat dia bisa mengasosiasikan jika di tempat tidur adalah saatnya dia tertidur. Bersihkan tempat tidurnya dari segala barang yang akan mengganggunya untuk mencari posisi nyaman saat akan tidur. 

4. Berikan waktu untuk bayi Anda tenang

Jika dia menangis sebelum menemukan posisi nyaman, datangi dia dan tenangkan dia kemudian boleh Anda tinggalkan di ruangannya. 

5. Kurangi waktu memberi ASI ditengah malam, namun ini harus disesuaikan dengan saran dokter
Jika Bayi butuh minum ASI, gunakan ruangan dengan cahaya redup dan suara yang tenang. Ini cara untuk memberitahu bahwa itu waktunya tidur bukan waktu bermain. 

Baca Juga: Waspadai Gejalanya, Ini 5 Tanda Aneh pada Tubuh Saat Kekurangan Zat Besi
Anda juga perlu menghormati bayi Anda, jika dia memang tipe yang suka terjaga di tengah malam, sesuaikan rutinias ini sesuai pola naturalnya. Demikian informasi mengenai tips membuat bayi tidur nyenyak di malam hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News