HOME, AturUang

Tip Mengelola Keuangan di Masa Pandemi Covid-19

Tip Mengelola Keuangan di Masa Pandemi Covid-19

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Kasus Covid-19 di Indonesia kembali melonjak. Kita pun tidak mengetahui kapan pandemi ini akan berakhir. 

Lonjakan kasus Covid juga membuat aktivitas ekonomi lesu, hingga bayang-bayang resesi tak kunjung mau pergi.

Menghadapi kondisi ini, tentu kita harus pintar-pintar menata keuangan. Nah, seperti apa cara mengatur keuangan agar bisa bertahan?

Perencana Keuangan dari Financia Consulting, Eko Indarto membeberkan beberapa langkah yang bisa disiapkan. Pertama, dia menyarankan agar masyarakat menyiapkan dana cadangan. 

"Karena ketidakpastian itu pasti butuh yang namanya dana cadangan atau simpangan yang gampang cair atau liquid. Sehingga ketika dibutuhkan itu mudah dicairkan," ujar Eko, Kamis (24/6).

Kedua, perlu menyiapkan asuransi kesehatan sebagai langkah antisipasi bila fasilitas yang disiapkan pemerintah tidak bisa digunakan. 

Tips ketiga adalah mengurangi pengeluaran. Menurut Eko, pengeluaran bisa ditekan mengingat berkurangnya aktivitas di luar. Dengan mengurangi pengeluaran maka akan ada kelebihan dana yang didapatkan.

"Kalau dana simpanan dan asuransi sudah disiapkan, mungkin kelebihan dana tadi bisa diinvestasikan. Karena ketika kondisi tidak stabil seperti ini biasanya invetasi turun atau murah, jadi bisa dipilih-pilih investasi yang cocok untuk tujuan keuangannya," tambah Eko. 

Adapun, sumber pengeluaran yang bisa ditekan antara lain dari ongkos transporrasi, biaya parkir, tol, biaya ngopi atau biaya lain yang dikeluarkan ketika melakukan aktivitas di luar rumah.

Tak hanya itu, biaya dari belanja online pun bisa dikurangi atau dikontrol. "Jadi bisa dipilih-pilih lagi untuk belanja online, khususnya barang-barang yang tidak dibutuhkan," katanya.

Tak kalah pentingnya, Eko juga menyarankan agar masyarakat tidak sampai berutang sehingga beban tidak semakin berat.

"Karena itu harus ditekan pengeluaran, supaya jangan sampai ketika pengeluarannya berlebih dan penghasilan berkurang akhirnya berutang. Kalau bisa jangan sampai berutang," ujarnya.

Tak kalah pentingnya saat ini adalah menjaga kesehatan, yakni dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin.

Baca Juga: Gojek Edukasi Keuangan Mahasiswa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News