Keluarga

Tingkatkan Prestasi Anak, Ini Kiat-Kiat Membantu Anak Lebih Fokus di Sekolah

Tingkatkan Prestasi Anak, Ini Kiat-Kiat Membantu Anak Lebih Fokus di Sekolah

MOMSMONEY.ID - Inilah kiat-kiat membantu anak lebih fokus di sekolah. Simak sampai akhir ya, Moms.

Sekolah bisa menjadi tempat yang sulit bagi anak untuk mempertahankan fokus. Apabila dibiarkan, bukan mustahil jika kinerja akademik anak akan menurun drastis.

Guna mencegah hal itu terjadi, ikutilah kiat-kiat membantu anak lebih fokus di sekolah yang dilansir dari Overcomers Counseling berikut ini.

Baca Juga: 4 Buku Parenting Terbaik untuk Temukan Pola Asuh Anak yang Tepat

1. Pastikan anak tidur nyenyak di malam hari

Tidur nyenyak merupakan kunci penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Selain itu, tidur nyenyak juga penting untuk fungsi kognitif.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa tidur memainkan peran penting dalam memori dan pembelajaran. Itu artinya, anak harus mendapatkan tidur malam yang nyenyak untuk berhasil dalam akademik.

Sebaliknya, anak yang kurang tidur cenderung mendapatkan nilai yang lebih buruk dan sering absen, menurut para peneliti.

Untuk membantu anak mendapatkan tidur yang nyenyak, buatlah rutinitas waktu tidur dan batasi penggunaan gadget sebelum tidur. Dengan begini, anak akan menjadi lebih fokus dan sukses di sekolah.

2. Tetapkan rutinitas

Salah satu cara terbaik untuk membantu anak fokus di sekolah adalah dengan menetapkan rutinitas pekerjaan rumah dan menegakkannya.

Saat anak memiliki waktu yang konsisten setiap hari untuk mengerjakan pekerjaan rumah, itu akan membantu mereka menjadi lebih terstruktur dan tetap berada di jalur yang seharusnya. Rutinitas juga memungkinkan Anda untuk memantau kemajuan anak dan menawarkan bantuan bila diperlukan.

Hindari membiarkan anak menunda-nunda pekerjaan rumahnya atau istirahat berlebihan karena akan mengembangkan kebiasaan buruk yang sulit dihilangkan.

Agar anak tetap fokus pada tugasnya, mintalah pertanggungjawaban mereka atas tugas tersebut secara konsisten.

3. Berikan dorongan dan penguatan positif

Mungkin sulit bagi anak-anak untuk mempertahankan fokus jika mereka terus-menerus dimarahi atau dikritik.

Jika anak Anda kesulitan untuk fokus, berikanlah dorongan dan penguatan positif kepada mereka alih-alih memarahi atau mengkritiknya.

Beri tahu anak bahwa Anda percaya pada kemampuan mereka untuk sukses dan berikan pujian saat mereka membuat kemajuan. Di sisi lain, hindari berkomentar negatif atau membandingkan anak dengan anak-anak lain.

Fokuslah pada kekuatan individu anak dan bantu mereka untuk mengembangkannya. Melalui dukungan dan dorongan, Anda dapat membantu anak mengembangkan rasa percaya diri yang mereka butuhkan untuk tetap fokus di sekolah.

Baca Juga: Cek Tanda Anak Mengalami Kesulitan di Sekolah Ini, Orangtua Jangan Abai

4. Bantu anak untuk tetap terorganisir

Anak yang terorganisir dengan baik lebih mungkin untuk fokus pada pekerjaan mereka dan menjadi sukses di kelas.

Untuk membantu anak tetap terorganisir, awalilah dengan menetapkan rutinitas sehari-hari supaya anak tahu apa yang perlu mereka lakukan dan kapan mereka harus melakukannya.

Selanjutnya, Anda bisa mengajarkan anak untuk membuat jadwal harian. Jadwal ini harus mencakup semua kegiatan anak mulai dari waktu bersekolah, waktu membuat pekerjaan rumah, ekstakurikuler, dan waktu luang.

Terakhir, doronglah anak Anda untuk menjadi rapi. Ajarkan anak cara menjaga kebersihan dan keteraturan ruang karena ruangan yang bersih dan teratur dapat membantu mereka untuk merasa lebih tenang serta fokus.

5. Hadiahi nilai bagus

Lingkungan belajar yang positif dan suportif sangat penting untuk mendorong keberhasilan di sekolah serta bisa membantu anak untuk fokus pada studinya.

Salah satu cara untuk menciptakan lingkungan belajar yang semacam ini yaitu dengan memberikan hak istimewa atau hadiah kepada anak untuk nilai bagus yang sudah mereka raih.

Misalnya, Anda dapat mengizinkan anak memilih aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan di akhir pekan atau memberi mereka hadiah khusus.

Namun, penting untuk tidak memberikan hadiah yang terlalu mahal atau mewah karena bisa menyebabkan anak menjadi ketergantungan pada hadiah.

Demikian kiat-kiat membantu anak lebih fokus di sekolah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dipraktikkan ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News