Keluarga

Tingkatkan Kekuatan Otak, Ini 6 Manfaat Membacakan Buku untuk Bayi Sebelum Tidur

Tingkatkan Kekuatan Otak, Ini 6 Manfaat Membacakan Buku untuk Bayi Sebelum Tidur

MOMSMONEY.ID - Ini 6 manfaat membacakan buku untuk bayi sebelum tidur yang wajib orang tua tahu.

Artis cantik Nikita Willy tengah sibuk mengasuh anak pertamanya yang bernama Issa. Sebagai ibu baru, sosok Nikita Willy telah berhasil menginspirasi banyak orang berkat pola asuh atau metode parenting yang ia terapkan.

Di laman YouTube-nya, Nikita Willy mengatakan, rutinitas yang konsisten menjadi langkah penting untuk melatih kedisiplinan anak sedari dini.

Salah satu rutinitas yang Nikita Willy terapkan pada baby Issa adalah membaca buku sebelum tidur. Memang, apa sih manfaat dari kegiatan yang satu ini?

Faktanya, membacakan buku untuk bayi sebelum tidur menyimpan segudang manfaat positif. Melansir dari Parents, berikut 6 manfaat membacakan buku untuk bayi sebelum tidur yang patut Moms catat:

Baca Juga: Anak Melakukan Kesalahan? Begini Cara Merespons Kesalahan dengan Tepat

1. Memperkuat bonding dan memupuk koneksi emosional

Membacakan si kecil sebuah buku dengan suara keras dapat memperkuat ikatan emosional antara orang tua-anak. Bahkan, kegiatan ini juga bisa memberikan efek yang menenangkan bagi bayi.

Sebuah studi baru-baru ini di International Journal of Environmental Research and Public Health menemukan, membaca buku mampu memberikan efek positif pada bayi prematur yang ada di NICU.

2. Meningkatkan kekuatan otak

Penelitian menunjukkan, anak-anak yang dibacakan buku saat baru lahir memiliki kosakata yang lebih banyak dan keterampilan matematika yang jauh lebih maju daripada anak-anak lain seusia mereka.

Studi tahun 2019 yang diterbitkan di Journal of Developmental & Behavioral Pediatrics menemukan, ketika orang tua membacakan satu buku bergambar setiap hari untuk bayi mereka, sang bayi akan terpapar sekitar 78.000 kata per tahun.

Para peneliti memperkirakan, anak-anak yang melek huruf sejak bayi cenderung mendengar 1,4 juta kata lebih banyak selama membaca buku cerita dibanding anak-anak yang tidak pernah dibacakan.

3. Meningkatkan keterampilan berbahasa

Ada hubungan langsung antara berapa banyak kata yang didengar bayi setiap hari dan kemampuan bahasa mereka.

Menurut sebuah studi dari Association for Psychological Science, bayi yang mendengar lebih banyak pembicaraan memiliki lebih banyak kesempatan untuk menginterpretasikan bahasa.

Plus, keterampilannya untuk membagi ucapan dan mengakses representasi leksikal yang penting untuk pembelajaran kata pun akan ikut terlatih.

Baca Juga: 4 Tips Mengatasi Anak Balita yang Susah Tidur Siang, Awali dengan Rutinitas

4. Memperkenalkan emosi

Berbagai suara yang digunakan saat membaca akan menghadapkan bayi pada beragam perasaan atau emosi.

Adapun jenis emosi seperti itu tidak bisa mereka dengarkan dari musik atau siaran televisi.

Saat orang tua rajin membacakan buku untuk bayi mereka, setiap kata yang diucapkan akan menyampaikan gagasan kepada bayi bahwa kata-kata dan bunyi yang mereka dengar memiliki arti tertentu.

5. Mengekspos visual

Dari usia 0-3 bulan, bayi akan mulai memusatkan perhatian pada pola sederhana yang ada di halaman buku.

Dengan membacakan si kecil buku bergambar, itu akan mengenalkan bentuk, huruf, dan warna kepadanya sedari dini.

6. Menyiapkan si kecil untuk membaca sendiri

Bayi mungkin tidak mengerti apa yang orang tuanya katakan. Tapi, mereka masih bisa menangkap ritme, nada, dan infleksi suara.

Penelitian menunjukkan, semakin banyak kata yang dipaparkan kepada bayi, maka semakin siap pula mereka untuk mulai membaca sendiri nantinya.

Itulah 6 manfaat membacakan buku untuk bayi sebelum tidur. Luar biasa sekali, kan, Moms?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News