HOME, Keluarga

Tinggal di Rumah Kecil? Hal-Hal Ini Wajib Ada, Yuk Simak!

Tinggal di Rumah Kecil? Hal-Hal Ini Wajib Ada, Yuk Simak!

MOMSMONEY.ID - Dibandingkan dengan rumah berukuran besar, rumah kecil memiliki beberapa keuntungan. Misalnya, Anda tak perlu mengeluarkan banyak tenaga saat membersihkan rumah. Biaya seperti air dan listrik pun dapat ditekan sehingga Anda bisa menghemat pengeluaran.

Di sisi lainnya, rumah kecil memiliki kekurangan utama berupa luas bangunannya yang terbatas. Oleh karena itu, penataannya perlu diperhatikan sebaik mungkin supaya rumah kecil tetap nyaman dihuni.

Nah, untuk menghadirkan kenyamanan tersebut, ada beberapa hal yang sebaiknya ada di rumah kecil. Apa sajakah itu? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: 4 Tips Membersihkan Rumah Menjelang Lebaran, Hari Raya Jadi Nyaman!

Pencahayaan alami

Mengutip laman Zillow.com, salah satu hal yang wajib ada di rumah kecil adalah pencahayaan alami yang berlimpah.

Di rumah dengan luas yang terbatas, keberadaan pencahayaan alami yang optimal dapat membantu memberikan kesan rumah yang lebih besar dan lapang. Untuk memaksimalkan pencahayaan alami tersebut, Anda bisa menggunakan cat dinding berwarna terang dipadukan dengan jendela berukuran besar.

Tempat penyimpanan

Karena luasnya terbatas, rumah kecil sangat mudah terlihat penuh dan berantakan. Jadi, pastikan Anda memiliki berbagai storage alias tempat penyimpanan untuk meletakkan barang-barang di dalam rumah.

Ada banyak opsi storage yang bisa Anda pilih, mulai dari kabinet minimalis, gantungan, hingga rak ambalan. Bahkan, Anda bisa memilih untuk memasang lemari atau kabinet dengan desain yang tersembunyi sehingga tidak banyak memakan tempat di rumah.

Baca Juga: Silaturahmi Lebaran Makin Seru, Simak Tips Menata Rumah untuk Menyambut Tamu

Area multifungsi

Rumah kecil umumnya memiliki konsep yang terbuka. Artinya, berbagai area dan ruang kerap dijadikan satu tanpa adanya pemisah berupa sekat. Biasanya, area yang dijadikan satu meliputi ruang keluarga, dapur, hingga ruang makan.

Oleh karena itu, area-area yang ada di rumah kecil sebaiknya bersifat multifungsi. Misalnya, Anda bisa menggabungkan area makan dengan ruang keluarga, atau sesekali menjadikan meja makan sebagai area kerja.

Baca Juga: 6 Trik Membuat Ruangan yang Kedap Suara di Rumah

Furnitur multifungsi

Selain area yang multifungsi, furnitur atau perabot yang digunakan di rumah kecil sebaiknya juga bersifat multifungsi.

Saat ini, ada banyak furnitur multifungsi yang tersedia di pasaran. Dikutip dari laman Homify, ada sofa bed yang bisa digunakan sebagai kasur darurat, sofa atau tempat tidur dengan laci penyimpanan di bawahnya, hingga coffee table dengan beragam laci. Pastikan furnitur yang Anda pilih tetap dapat melengkapi tampilan interior rumah kecil Anda.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya ada di rumah kecil. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News