Santai

TikTok Rilis Fitur Refresh FYP Tanpa Hapus Cache, Begini Caranya

TikTok Rilis Fitur Refresh FYP Tanpa Hapus Cache, Begini Caranya

MOMSMONEY.ID - TikTok meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna bisa memperbaiki FYP atau For Your Page yang muncul di halaman beranda aplikasi. Sekarang, aplikasi milik ByteDance meluncurkan opsi "refresh" untuk semua pengguna sehingga Anda dapat menghapus rekomendasi video yang dirasa tidak relevan. 

Jika Anda mengaktifkan fitur refresh FYP ini, Anda akan terlihat seolah-olah baru saja mendaftar akun. Selain itu, algoritma TikTok akan mulai memunculkan konten berdasarkan interaksi terbaru Anda di aplikasi. 

Dalam artikel ini, akan dijelaskan mengenai fitur refresh FYP TikTok. Anda juga dapat menyimak cara atur ulang algoritma yang ada di TikTok. 

Baca Juga: Viral di TikTok, Apa sih Reset Routine Itu? Cari Tahu Jawabannya di Sini

Selain fitur refresh FYP, TikTok juga memperbarui upayanya untuk mengurangi pola konten berulang yang dapat membahayakan. Aplikasi ini telah melakukan ini selama beberapa waktu dan telah menerapkan batasan pada video yang sebenarnya tidak melanggar kebijakannya, tetapi mungkin berdampak pada pengalaman menonton Anda. 

Contohnya termasuk video yang menampilkan kesedihan atau diet dan olahraga ekstrem. 

Sekarang, jika sistemnya mendeteksi pengulangan dalam jenis tema tersebut dalam kumpulan video, ia secara aktif mengganti beberapa di antaranya dengan video tentang topik yang berbeda. Dengan begitu, ini dapat semakin membatasi keterpaparan Anda terhadap konten yang mungkin mengandung pemicu tertentu.

Dark mode TikTok

Ini hanyalah pembaruan terbaru yang diluncurkan TikTok dalam upaya untuk meningkatkan algoritmenya, yang telah menjadi subjek investigasi dan telah menjadi pusat diskusi tentang apakah aplikasi tersebut harus dilarang.

Bukan rahasia lagi bahwa layanan ini telah diawasi secara ketat selama beberapa tahun terakhir, jadi tidak mengherankan jika TikTok berupaya mengungkap algoritmenya dan memberi Anda kontrol lebih besar atas konten yang Anda lihat.

Untuk mengatur ulang FYP, berikut caranya :

1. Buka menu Pengaturan dan Privasi TikTok

2. Lalu gulir ke bawah hingga Anda menemukan preferensi Konten.

3. Di sana, Anda akan menemukan opsi baru yang bertuliskan "Refresh your For You feed". 

Baca Juga: 3 Langkah Download Lagu dari Instagram Tanpa Aplikasi Paling Mudah

Lalu, bagaimana cara atur ulang algoritma di TikTok? Berikut langkahnya. 

Cara atur ulang algoritma TikTok

Hapus Cache

Hal pertama yang dapat kami lakukan adalah menghapus cache akun Anda. "Cache" hanyalah fitur perangkat lunak yang menyimpan data untuk memudahkan akses di masa mendatang. Pertama, buka aplikasi TikTok dan buka tab profil.

Selanjutnya, ketuk ikon menu hamburger di pojok atas dan pilih "Pengaturan dan Privasi".

Gulir ke bawah ke "Kosongkan Ruang". Terakhir, ketuk "Hapus" di samping "Cache".

Video "Tidak Suka"

Semua orang tahu bahwa menyukai video adalah tanda yang jelas bahwa Anda menyukai kontennya dan menginginkan lebih. Tahukah Anda bahwa Anda juga dapat "tidak menyukai" video? Ini bukan tombol "tidak suka" yang sebenarnya, tetapi Anda dapat memberi tahu TikTok bahwa Anda tidak tertarik dengan video yang muncul di halaman "Untuk Anda".

Dari halaman "Untuk Anda", cukup tekan dan tahan video. Sebuah menu akan muncul dan Anda dapat memilih "Tidak Tertarik." Jika ingin lebih spesifik tentang alasan Anda tidak tertarik, ketuk "Lainnya".

Baca Juga: Apa Itu TikTok Series? Fitur Baru untuk Konten Kreator Hasilkan Banyak Uang

Sekarang Anda dapat memilih untuk "Sembunyikan Video Dari Pengguna Ini" atau "Sembunyikan Video Dengan Suara Ini".

Berhenti Mengikuti Akun

Hal terakhir yang harus dilakukan mungkin tampak cukup jelas, tetapi tidak boleh diabaikan. Berhenti mengikuti akun yang tidak Anda minati lagi. Buka tab profil dan ketuk "Mengikuti".

Cukup ketuk tombol "Mengikuti" untuk berhenti mengikuti akun apa pun.

Nah itulah informasi mengenai fitur baru refresh FYP TikTok beserta cara atur ulang algoritma di TikTok dengan mudah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News