CLOSE [X]
ads

Tiga Kunci Sukses ala Es Teler 77

Reporter: Jane Aprilyani
Jumat, 08 Oktober 2021 | 13:46 WIB
Tiga Kunci Sukses ala Es Teler 77

ILUSTRASI. Restoran Es Teler 77 di Mal Kokas saat PSBB Jakarta


MOMSMONEY.ID - Mempertahankan eksistensi suatu bisnis bukanlah hal yang mudah, apalagi untuk dapat sukses melintasi berbagai generasi. Diperlukan kecermatan untuk merumuskan strategi yang tepat agar bisnis dapat berkembang dan unggul di tengah persaingan pasar.

Terlebih di tengah era digital seperti sekarang, perilaku pelanggan sudah banyak berubah. Adaptasi terhadap perkembangan digital sangat diperlukan untuk terus mengakomodasi kebutuhan pasar layaknya yang dilakukan oleh Es Teler 77, salah satu restoran legendaris Indonesia yang mampu eksis hampir empat dekade.

Sekedar informasi saja, pada tahun 1982, mendiang Sukyatno Nugroho bersama istrinya, Yenny Setia Widjaja, mendirikan Es Teler 77, setelah mendapat inspirasi dari sang ibu mertua yang berhasil memenangkan lomba membuat es teler di tingkat nasional.

Dari kemenangan tersebut, ia dan keluarga membuka warung es teler sederhana di bilangan Jakarta Pusat dan sekarang telah berkembang menjadi 140 gerai Es Teler 77 yang tersebar di Indonesia maupun mancanegara. Memasuki dekade keempat berbisnis, Es Teler 77 tak lagi hanya identik dengan hidangan es teler, tetapi juga berbagai menu kuliner khas Indonesia yang menjadi kegemaran masyarakat. 

Baca Juga: Promo Chatime 8-10 Oktober 2021, Harga Spesial Large Size Rp 19.000 Pearl dan Popcan

Renno Restiano, Marketing Es Teler 77 mengatakan, keberhasilan Es Teler 77 dalam bertahan selama hampir empat dekade tentunya bukan sekedar membalikkan telapak tangan. Namun, butuh komitmen dalam menghadirkan layanan terbaik dan berbagai makanan dan minuman yang berkualitas.

“Kami senantiasa melakukan perubahan terhadap strategi yang kami terapkan agar dapat bertahan seiring dengan perubahan zaman. Kami harap keberhasilan kami dalam bertahan dan berkembang selama ini dapat menjadi contoh bagi pebisnis pemula yang berkeinginan merintis bisnisnya sendiri,” ucap Renno.

Nah, jika Anda pengusaha kuliner, berikut tiga kunci sukses yang diterapkan oleh Es Teler 77 untuk sukses bertahan hingga ke era digital:

- Konsistensi jadi kunci utama

Menurut Renno, kunci utama bisnis yang sukses terletak pada produk atau layanan yang ditawarkan. Untuk terus bertahan dan berkembang dari tahun ke tahun, Es Teler 77 selalu berusaha untuk mengedepankan kualitas produk dan mempertahankan cita rasa autentik yang telah membuahkan kesetiaan pelanggan.

“Tanpa konsistensi rasa dan pelayanan yang baik, akan sulit untuk mengharapkan para pelanggan untuk kembali bertransaksi di gerai kami,” jelas Renno.

Selain itu Renno bilang, Es Teller 77 memastikan bahwa layanan yang diterima pelanggan terus konsisten sehingga dapat menghasilkan rasa nyaman dan keinginan untuk kembali ke restoran.

Baca Juga: Resep Sate Kornet Telur Gulung, Jajanan Pinggir Jalan yang Cocok Dijadikan Camilan

- Terbuka untuk beradaptasi sesuai zaman

Selain menjaga cita rasa masakan yang autentik, Es Teler 77 juga selalu mengikuti apa yang tengah digemari oleh masyarakat dan berinovasi dalam menciptakan menu baru.

“Kami percaya bahwa pelanggan adalah raja. Oleh karena itu, kami selalu berusaha untuk menyesuaikan strategi bisnis kami dengan keinginan masyarakat. Tidak hanya dari segi menu, tetapi juga dalam metode pembayaran terkni,” jelas Renno.

Renno melihat semakin banyak masyarakat yang ingin bertransaksi secara digital. Selain lebih aman di masa pandemi, penyedia layanan digital juga menawarkan berbagai promo menarik yang menguntungkan bagi pelanggan kami.

Baca Juga: Penuh Ketegangan, Berikut 4 Rekomendasi Film Bertema Bencana Banjir

- Maksimalkan promosi dan kolaborasi di momen yang tepat

Selama hampir empat dekade melalui pasang surut bisnis, satu lagi hal yang terus dilakukan oleh Es Teler 77 untuk mempertahankan eksistensinya. Yakni melakukan promosi secara strategis di momen yang tepat.

Salah satu momen yang dipilih Es Teler 77 untuk melakukan promosi adalah gelar tawaran menarik di tanggal cantik setiap bulannya.

“Situasi pandemi tentunya membawa dampak kepada kami, namun berkat bekerja sama dengan ShopeePay dan berpartisipasi dalam kampanye tanggal cantik, kami dapat meningkatkan jumlah transaksi menggunakan ShopeePay hingga 100%,” jelas Renno. 

Berkat tiga kunci sukses inilah Es Teler 77 dapat terus bertahan selama hampir empat dekade, dan bahkan dalam situasi pandemi sekalipun. Jadi, buat kamu pelaku usaha kuliner tunggu apa lagi? Siapkan strategi jitu untuk pertahankan usahamu.

Selanjutnya: Promo Seru Bobobox! Gunakan Semua Promo Ini Buat Staycation Bareng Teman

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Jane Aprilyani

Terbaru