HOME, Keluarga

Tidur Makin Nyenyak, Berikut 3 Tips Memilih Sprei yang Tepat!

Tidur Makin Nyenyak, Berikut 3 Tips Memilih Sprei yang Tepat!

MOMSMONEY.ID - Sebagai salah satu furnitur yang wajib ada di rumah, kasur memegang peranan penting dalam membantu penghuni rumah beristirahat dengan nyaman.

Oleh karena itu, pemilihan sprei atau kain pelapis kasur yang tepat merupakan hal yang tak boleh dilewatkan. Selain meningkatkan kenyamanan, kualitas tidur Anda pun akan terbantu dengan sprei yang baik.

Jadi, kira-kira apa saja yang harus diperhatikan saat akan memilih sprei untuk kasur di rumah? Berikut tipsnya yang bisa Anda ikuti.

Baca Juga: Maksimalkan Kenyamanan, Ini 4 Tips Mengatur Pencahayaan di Kamar Tidur

Perhatikan bahan sprei

Salah satu hal yang sangat menentukan kenyamanan saat tidur adalah jenis bahan kain sprei yang digunakan. Dikutip dari Dekoruma, Anda disarankan untuk menggunakan sprei dengan daya serap keringat yang tinggi, serta memiliki tekstur yang halus dan lembut.

Ada beragam jenis bahan sprei yang bisa digunakan, seperti kain katun yang dingin, kain sutra yang elegan dan licin, hingga kain tencel yang lembut. Cobalah untuk membandingkan berbagai jenis kain sprei untuk menentukan jenis kain seperti apa yang cocok dengan Anda.

Sesuaikan ukuran sprei

Mengutip laman Roomme.id, ukuran sprei yang dipilih sebaiknya sesuai dengan ukuran kasur yang dimiliki. Sebab, hal ini sangat mempengaruhi muat-tidaknya sprei tersebut di kasur Anda.

Pada dasarnya, ada beberapa standar ukuran sprei yang bisa Anda gunakan sebagai panduan, yaituL

  • Ukuran single (no. 4), sekitar 100 x 200 cm.
  • Ukuran super single (no. 3), sekitar 120 x 200 cm.
  • Ukuran queen (no. 2), sekitar 160 x 200 cm.
  • Ukuran king (no. 1), sekitar 180 x 200 cm.
  • Ukuran extra king, sekitar 200 x 200.

Sebagai catatan, ukuran sprei dari setiap produsen mungkin sedikit berbeda dengan daftar di atas. Oleh karena itu, Anda perlu mengukur kasur yang ada di rumah untuk mengetahui perkiraan ukuran sprei yang cocok.

Baca Juga: Bikin Tidak Nyaman, Hindari Kesalahan Dekorasi Kamar Tidur Ini

Perhatikan motif sprei

Terakhir, jangan lupa untuk memperhatikan motif atau corak sprei yang diincar, sebab nantinya akan mempengaruhi penampilan kasur Anda. Jika ingin yang simpel, sprei tanpa motif dengan warna netral dan polos akan membuat kamar terlihat lebih lega, lapang, dan minimalis.

Namun, jika ingin sprei dengan motif-motif tertentu, perhatikan ukuran motif sprei tersebut supaya proporsional dengan luas kamar. Sprei bermotif besar kurang cocok untuk kamar berukuran kecil, sebab akan membuat kamar terasa makin sempit. Jangan lupa, pilihlah motif sprei yang sesuai dengan selera sehingga akan semakin melengkapi penampilan kamar tidur.

Itulah beberapa tips mudah yang dapat membantu Anda dalam menentukan dan memilih sprei yang tepat. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News