HOME, Bugar

Tidak Sembarangan, Inilah 5 Jenis Olahraga yang Aman untuk Penderita Asma

Tidak Sembarangan, Inilah 5 Jenis Olahraga yang Aman untuk Penderita Asma

MOMSMONEY.ID - Asma merupakan gangguan pernapasan jangka panjang dimana penderitanya dapat merasa sesak napas tiba-tiba, sakit dada, napas berbunyi mengi, dan batuk.

Asma disebabkan oleh pembengkakan dinding saluran udara (bronkus) yang membawa udara masuk dan keluar dari paru-paru.

Olahraga sebaiknya tetap dilakukan secara rutin, terlepas dari kondisi medis yang Anda alami, termasuk asma.

Agar tetap aman dan memberikan efek yang optimal, ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh penderita asma.

Baca Juga: Batuk Tak Kunjung Sembuh? Waspadai 5 Penyakit Ini

Dilansir dar Everyday Health, berikut adalah beberapa jenis olahraga yang aman untuk penderita asma, antara lain: 

1. Jalan kaki

Jenis olahraga yang aman untuk penderita asma pertama adalah jalan kaki. Lakukan jalan kaki 30 menit disertai dengan pemanasan dan pendinginan masing-masing selama lima menit.

Penelitian menunjukkan bahwa jalan kaki tiga kali seminggu selama 12 minggu mampu mengendalikan asma dan meningkatkan kebugaran tubuh tanpa memicu gejala asma.

2. Berenang

Jenis olahraga yang aman untuk penderita asma kedua adalah berenang. Selain itu, berenang juga dapat melonggarkan lendir yang terkumpul di paru-paru. 

Tapi, sebaiknya hindari berenang di kolam berkaporit karena dapat memicu serangan asma.

3. Bersepeda

Jenis olahraga yang aman untuk penderita asma ketiga adalah bersepeda. Perlu diketahui bahwa bersepeda santai tidak memicu munculnya asma.

Namun, beda halnya jika Anda mengayuh sepeda dengan kecepatan 30 km/jam atau bersepeda di medan yang sulit, seperti pegunungan.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Perempuan

4. Yoga

Jenis olahraga yang aman untuk penderita asma keempat adalah yoga. Yoga penting dilakukan oleh pengidap asma karena dapat mengaktifkan lebih banyak area di paru-paru. 

Menurut sebuah studi, orang yang berlatih hatha yoga selama dua setengah jam per minggu selama 10 minggu, dapat mengurangi ketergantungannya pada obat asma. 

5. Olahraga yang menggunakan raket

Jenis olahraga yang aman untuk penderita asma terakhir adalah olahraga yang menggunakan raket. Olahraga jenis ini memungkinkan Anda untuk beristirahat secara teratur.

Anda bisa mengendalikan kecepatan permainan serta istirahat dan minum air kapan saja. Intensitas olahraga juga bisa berkurang jika Anda bermain berpasangan.

Jangan berhenti melakukan aktivitas fisik yang aman hanya karena Anda menderita asma. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter guna menentukan jenis olahraga sesuai untuk kondisi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News