Bugar

Tidak Selalu Buruk, Ini Manfaat Mengonsumsi Makanan Pedas untuk Kesehatan

Tidak Selalu Buruk, Ini Manfaat Mengonsumsi Makanan Pedas untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Tidak selalu buruk, manfaat mengonsumsi makanan pedas untuk kesehatan cukup beragam. Namun, jika terlalu banyak juga akan memberikan efek samping.

Meskipun memiliki rasa yang pedas dan membuat sensasi rasa panas di mulut, kandungan capsaicin juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Maka dari itu, Anda harus benar-benar mempertimbangkan antara manfaat dan bahaya dari mengonsumsi makanan pedas.  

Dilansir dari Mayo Clinic, inilah beberapa manfaat mengonsumsi makanan pedas untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

Baca Juga: Penyakit Infeksi yang Rentan Menyerang Balita

1. Menurunkan berat badan

Manfaat mengonsumsi makanan pedas untuk kesehatan yang pertama adalah menurunkan berat badan. Rasa pedas saat mengonsumsinya disebabkan karena kandungan senyawa capsaicin.

Ternyata, kandungan tersebut dapat meningkatkan temperatur tubuh dan mempercepat kerja metabolisme, sehingga kalori dalam tubuh dapat lebih cepat terbakar.

2. Menurunkan risiko gangguan mental

Manfaat mengonsumsi makanan pedas untuk kesehatan yang kedua adalah menurunkan risiko gangguan mental. 

Kandungan apigenin menunjukan potensi dalam mengatasi beberapa masalah kesehatan mental seperti skizofrenia, depresi, penyakit parkinson, dan penyakit Alzheimer.

Dalam sebuah studi lainnya, manfaat makan pedas bagi otak menunjukkan hasil yang baik untuk membantu meningkatkan daya ingat karena kandungan flavonoid di dalamnya.

3. Membantu pengobatan kanker

Menurut American Association for Cancer Research, senyawa capsaicin disinyalir memiliki kemampuan untuk memperlambat beberapa jenis kanker.

Peneliti juga menemukan bahwa capsaicin mampu membunuh 80 persen kanker prostat. Capsaicin juga bermanfaat membantu pengobatan kanker payudara, pankreas, dan kandung kemih.

4. Meningkatkan metabolisme tubuh

Manfaat mengonsumsi makanan pedas untuk kesehatan yang selanjutnya adalah meningkatkan metabolisme tubuh. 

Sensasi panas capsaicin mendorong kinerja metabolisme tubuh hingga lima persen. Peningkatan kerja metabolisme tubuh akan menghasilkan pembakaran lemak hingga 16 persen.

Baca Juga: Inilah Sederet Gejala dan Risiko Katarak pada Lansia yang Perlu Diketahui

5. Menjaga kulit bercahaya

Manfaat mengonsumsi makanan pedas untuk kesehatan yang terakhir adalah menjaga kulit bercahaya, selain itu bisa membantu menyembuhkan infeksi pada kulit seperti jerawat.

Cabai hijau kaya akan vitamin C dan beta-karoten yang sangat baik untuk membantu merawat kulit, menjaga kulit tetap sehat, dan bercahaya

Tetap memperhatikan takaran dari cabai yang akan Anda konsumsi sebelum makan. Sesuatu yang berlebihan akan selalu berdampak buruk bagi kesehatan.

Itulah beberapa manfaat mengonsumsi makanan pedas untuk kesehatan tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News