Bugar

Tidak Selalu Baik, Ini 5 Akibat Buruk Kelebihan Vitamin E

Tidak Selalu Baik, Ini 5 Akibat Buruk Kelebihan Vitamin E

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa akibat buruk kelebihan vitamin E yang perlu Anda ketahui.

Vitamin E mungkin lebih dikenal banyak orang sebagai vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. 

Namun, tidak hanya untuk kulit, vitamin E juga penting untuk menjaga fungsi dan perkembangan tubuh, menguatkan sistem kekebalan tubuh, serta menjaga kesehatan mata. 

Anda bisa mendapatkan asupan vitamin ini dengan mengonsumsi makanan seperti kacang almond, biji bunga matahari dan alpukat, atau bisa juga dengan meminum suplemen. 

Walaupun kaya manfaat, segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan tetap tidak baik untuk kesehatan, tidak terkecuali dengan vitamin E. 

Baca Juga: 10 Manfaat Labu untuk Kesehatan, Jangan Sampai Terlewat

Mengutip dari Medical News Today, inilah beberapa akibat buruk kelebihan vitamin E yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

1. Meningkatkan risiko osteoporosis

Akibat buruk kelebihan vitamin E yang pertama adalah meningkatkan risiko osteoporosis. Kelebihan vitamin E dapat memicu penyakit pada tulang atau yang sering disebut osteoporosis.

Kadar vitamin tersebut yang terlalu tinggi akan meningkatkan efek alfa-tokoferol, sehingga kekuatan tulang menjadi menurun dan menyebabkan tulang keropos.   

2. Meningkatkan risiko terkena kanker prostat

Akibat buruk kelebihan vitamin E yang kedua adalah meningkatkan risiko terkena kanker prostat. Vitamin E memang bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker. 

Tapi, setelah diteliti, mereka yang mengonsumsi vitamin E dalam dosis tinggi berisiko lebih besar hingga 17% terkena penyakit kanker prostat. 

3. Pembengkakan

Akibat buruk kelebihan vitamin E yang lainnya adalah pembengkakan. Bukannya makin cantik, mengonsumsi suplemen vitamin E secara berlebihan malah bisa menimbulkan pembengkakan.

Biasanya terjadi pada bibir, lidah dan wajah. Enggak mau kan? Karena itu, konsumsi suplemen secukupnya saja.  

Baca Juga: Makanan dan Minuman yang Aman untuk Penderita Diabetes

4. Mengganggu sistem imun tubuh

Akibat buruk kelebihan vitamin E yang selanjutnya adalah mengganggu sistem imun tubuh. Kelebihan vitamin E juga dapat mengakibatkan sistem imun tubuh terganggu.

Makanya tidak jarang orang yang minum suplemen vitamin ini secara berlebihan cenderung mudah terserang penyakit. 

5. Kematian

Akibat buruk kelebihan vitamin E yang terakhir adalah kematian. Hal ini disebabkan karena asupan vitamin yang tinggi dapat menyebabkan pendarahan, sehingga bisa berujung pada kematian. 

Pada kenyataannya, tubuh manusia sudah cukup mendapatkan asupan makanan yang menjadi sumber vitamin Edari kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayur-sayuran berdaun hijau. 

Maka dari itu, suplemen sebenarnya hanya diperbolehkan untuk orang-orang yang benar-benar mengalami defisiensi vitamin E. 

Bila khawatir atau ingin mengonsumsi suplemen, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter atau ahli gizi guna memastikan keamanannya.

Itulah beberapa akibat buruk kelebihan vitamin E yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News