Bugar

Tidak Perlu Obat, Ini Cara Mengobati Diare Secara Alami

Tidak Perlu Obat, Ini Cara Mengobati Diare Secara Alami

MOMSMONEY.ID - Diare merupakan salah satu gangguan sistem pencernaan yang membuat penderitanya sering buang air besar dengan tekstur tinja encer atau berair.

Pada umumnya, diare terjadi karena konsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi oleh kuman dan juga salah makan sehingga membuat sistem pencernaan terganggu.

Ada banyak cara mengobati diare secara alami yang bisa digunakan sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi diare dan beragam keluhan yang menyertainya.

Berbagai cara mengobati diare secara alami ini menggunakan bahan yang bisa ditemukan dengan mudah di pasaran atau Anda buat sendiri di rumah, seperti yang dilansir dari Web MD, antara lain: 

Baca Juga: Waspada, 5 Jenis Kanker Ini Kerap Mengintai Perempuan

Minum banyak air putih

Minum banyak air putih sangat penting ketika diare. Dehidrasi akibat diare dapat berakibat fatal. Gunakan cairan hidrasi oral tanpa resep seperti Oralit untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Studi dari Journal of Parenteral and Enteral Nutrition menunjukkan bahwa untuk orang dewasa dengan gejala diare ringan, minuman elektrolit juga efektif sebagai cara mengatasi diare alami.

Makan pisang hijau

Cara mengobati diare secara alami selanjutnya dengan mengonsumsi pisang hijau. Secara tradisional, pisang hijau telah digunakan untuk mengobati berbagai gangguan pencernaan.

Studi dalam U.S. National Library of Medicine menunjukkan bahwa pisang hijau dapat digunakan untuk pengobatan diare klinis dan di rumah. 

Lebih banyak penelitian dapat membantu memahami peran pisang hijau dalam mengobati diare dan membangun kemanjurannya.

Baca Juga: 5 Minuman Alami yang Bermanfaat untuk Melancarkan BAB

Makanan yang mengandung probiotik 

Probiotik merupakan bakteri baik yang dapat ditemukan pada beberapa jenis makanan, seperti yoghurt, kimchi, kombucha, natto, dan tempe.

Makanan dengan kandungan probiotik tersebut dapat Anda konsumsi untuk melindungi organ sistem pencernaan dari infeksi bakteri maupun virus penyebab diare.

Teh chamomile

Cara mengobati diare secara alami yang terakhir bisa dengan minum teh chamomile. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh chamomile dapat dikonsumsi sebagai obat diare alami.

Hal ini karena kandungan zat antiradang dan antibakteri di dalam chamomile dapat meredakan peradangan dinding saluran pencernaan yang merupakan salah satu penyebab terjadinya diare.

Itulah empat cara mengobati diare secara alami yang mudah dilakukan. Jika diare masih berlangsung lebih dari dua hari, segera periksakan ke dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News