Bugar

Tidak Perlu Bingung Lagi! Inilah 6 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Kasar

Tidak Perlu Bingung Lagi! Inilah 6 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Kasar

MOMSMONEY.ID - Punya masalah dengan rambut kering dan kasar? Bagi sebagian wanita, masalah rambut kering bisa menjadi perhatian yang khusus. Penyebab rambut kering biasanya diakibatkan dari faktor lingkungan, penggunaan alat styling rambut dan cara keramas yang kurang tepat. 

Oleh sebab itu, agar penampilan rambut menjadi sehat, lembut dan mudah diatur. Anda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini untuk mengatasi rambut kering dan kusam, simak penjelasannya dilansir dari laman thebodyshop.co.id, yaitu :

 1. Perhatikan bahan-bahan produk

Bahan-bahan produk menjadi cara awal Anda untuk mengatasi rambut kering dan kusam. Anda perlu menggunakan produk yang mengandung bahan seperti pisang, shea butter, minyak zaitun, minyak argan, atau minyak kelapa, yang memiliki manfaat untuk melindungi kelembapan pada rambut serta menutrisi rambut.

2. Hindari bahan memicu rambut semakin kering

Hindari bahan yang memicu rambut Anda semakin kering seperti bahan silikon dan alkohol. Sebab, silikon dapat menahan penyerapan nutrisi dan kelembapan yang dibutuhkan oleh rambut. Sedangkan alkohol dapat membuat rambut Anda menjadi ‘dehidrasi’ atau kering.

Selain itu, bahan sulfat yang ada produk rambut juga dapat membuat rambut menjadi lebih kering karena menghilangkan minyak alami pada kulit kepala dan rambut. Sebaiknya gunakan produk rambut berbahan organik dan dapat merawat rambut yang kering dengan kandungan pelembap dimilikinya.

3. Hindari mencuci rambut terlaku kering

Cara keramas yang kurang tepat yaitu Anda mencuci rambut setiap hari. Mencuci rambut terlalu sering dapat menyebabkan hilangnya minyak alami pada kulit kepada dan rambut. Hal ini malah membuat rambut Anda tambah kering dan menjadi rapuh. Sebaiknya cucilah rambut setiap 2-3 hari sekali untuk mempertahankan minyak alami di rambut.

Baca Juga: Bagaimana Cara Melakukan Manifestasi? Berikut Ini Ada 4 Cara Mudahnya!

4. Gunakan sampo dan kondisioner dengan tepat

Berikutnya, gunakan shampo dan kondisioner dengan tepat. Cara mencuci rambut dengan shampo yang tepat adalah bersihkan seluruh rambut dan kulit kepala pada bilasan pertama. Selanjutnya, pada bilasan kedua sebisa mungkin untuk menggunakannya pada bagian akar rambut saja.

Hal ini disebabkan minyak pada rambut terkonsentrasi di sana. Untuk pemakaian kondisioner gunakanlah di ujung rambut dan hindari pangkal rambut, karena akar rambut dapat menjadi berminyak.

5. Aplikasikan masker rambut

Jangan lupakan penggunaan masker rambut untuk mengatasi rambut kering dan kasar. Masker rambut berfungsi untuk melembutkan rambut kasar dan menambahkan kelembapan. Disarankan untuk menggunakan masker rambut setidaknya 1 sampai 2 kali dalam seminggu.

Cara menggunakan masker rambut yaitu oleskan masker ke rambut Anda setelah keramas, kemudian ratakan masker ke seluruh rambut dan biarkan selama 20 hingga 30 menit sebelum dibilas. Anda dapat membuat masker rambut sendiri di rumah atau membeli produk di pasaran.

6. Potong ujung rambut

Cara terakhir merawat rambut kering dan kasar dengan memotong ujung rambut secara rutin. Sebab, salah satu ciri dari rambut kering adalah ujung rambut yang kering atau bercabang. Sebagai cara agar rambut tidak kering, disarankan untuk Anda melakukan pemotongan ujung rambut tiap dua hingga tiga bulan sekali di salon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News