Tidak Melulu Polos, Ini 5 Cara Kreatif Mengecat Dinding Rumah yang Keren

Reporter: Kania Paramahita
Senin, 25 Oktober 2021 | 22:14 WIB
Tidak Melulu Polos, Ini 5 Cara Kreatif Mengecat Dinding Rumah yang Keren

ILUSTRASI. Ada beberapa cara kreatif yang bisa Anda gunakan saat mengecat dinding.

MOMSMONEY.ID - Cat dinding merupakan material pelapis dinding yang paling populer. Tidak heran, sebab cat dinding sangat mudah didapatkan dan memiliki banyak variasi yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Tidak hanya itu, pengaplikasian cat dinding juga sangat fleksibel dan bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Misalnya, Anda bisa menggunakan dua warna cat yang berbeda dalam satu dinding dengan mudah.

Nah, supaya dinding interior rumah Anda tidak melulu polos, ada beberapa cara kreatif yang bisa Anda gunakan saat mengecat dinding. Cukup gunakan bantuan barang-barang tertentu, dinding rumah Anda bisa tampil beda dan keren hanya dengan cat.

Penasaran apa saja teknik yang bisa dipakai? Dilansir dari The Spruce dan Performance Painting, berikut penjelasannya untuk Anda.

Baca Juga: Rumah Baru Masih Kosong? Ini Dia Perabotan Rumah Tangga yang Wajib Anda Miliki

Stensil

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by StencilsLAB (@stencilslab)

Stensil merupakan teknik berupa “cetakan” yang bisa digunakan untuk membentuk pola tertentu dengan mudah di dinding.

Caranya, Anda bisa mencari motif seperti polkadot, bunga, atau daun di internet, kemudian cetak motif tersebut di kertas karton tebal dan potong sesuai motif untuk membuat cetakan stensil. Tempelkan stensil tersebut di dinding, kemudian timpa bagian yang bolong dengan cat. Ulangi beberapa kali di tempat berbeda sehingga dinding Anda penuh dengan motif tersebut.

Selotip

Ingin menggunakan dua warna pada satu sisi dinding? Atau, Anda ingin membuat motif geometris pada dinding rumah? Nah, supaya hasil pengecatan Anda terlihat rapi, gunakan teknik taping menggunakan selotip atau isolasi.

Anda dapat menggunakan selotip berjenis painter’s tape atau masking tape, yaitu selotip khusus yang digunakan untuk mengecat dan tidak akan merusak permukaan yang ditempelinya. Bentuk motif atau bentuk-bentuk tertentu dengan selotip, lalu isi area yang kosong dengan warna cat yang diinginkan. Setelah kering, lepas selotipnya supaya motif cantik pada dinding Anda terlihat.

Sapu dan sikat

Pernah melihat wallpaper dengan tekstur garis-garis seperti sapuan kuas atau serat? Anda bisa menghasilkan kesan yang sama hanya dengan menggunakan cat dinding.

Caranya, ketika cat dinding masih basah, gosokkan ujung sapu atau sikat pada dinding dengan gerakan searah yang lurus untuk membentuk motif garis-garis sapuan kuas. Atau, Anda juga bisa menggunakan kuas cat dinding berukuran besar untuk menciptakan efek yang sama.

Baca Juga: Lucu dan Bikin Nyaman, Berikut Inspirasi Desain Tempat Tidur untuk Anak

Kain

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Resene (@resenecolour)

Anda punya kaus bekas di rumah? Coba manfaatkan untuk membuat motif yang unik pada dinding rumah dengan teknik rag-rolling.

Sesuai namanya, teknik yang satu ini menggunakan kain yang digulung, dicelupkan pada cat, kemudian ditempelkan pada dinding beberapa kali untuk menciptakan motif yang unik. Anda bisa menggunakan teknik ini di atas dinding yang polos.

Spons

Teknik yang satu ini menggunakan spons sebagai stempel untuk menempelkan cat pada dinding. Hasilnya, dinding yang terkena cat akan terlihat memiliki pori-pori yang unik. Sama seperti teknik rag-rolling, Anda bisa menggunakan teknik ini di atas dinding berwarna polos.

Mengecat dinding rumah dengan spons bisa menjadi kegiatan yang mudah dan cepat untuk seluruh keluarga, termasuk anak-anak. Kemungkinan polanya pun tidak terbatas: Anda bisa menggunakan spons kotak untuk membentuk motif bata dan garis-garis, atau potong spons menjadi bentuk yang diinginkan.

Selanjutnya: Suka Nonton Squid Game? Yuk, Contek Palet Warnanya untuk Interior Rumah!

Editor: Kania Paramahita
Terbaru