Bugar

Tidak Hanya untuk Lalapan, Inilah Sederet Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan

Tidak Hanya untuk Lalapan, Inilah Sederet Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Manfaat kacang panjang untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui sangat beragam. Tanaman ini biasanya dimasak sebagai sayur atau dimakan mentah sebagai lalapan. 

Mengonsumsi kacang panjang bisa melengkapi kebutuhan gizi harian Anda karena kaya akan protein, karbohidrat, kalium, fosfor, tetapi juga zat gizi lainnya, dikutip dari Mayo Clinic.

Selain itu, berikut adalah berbagai manfaat kacang panjang untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

Baca Juga: Luar Biasa! Ini Dia 5 Manfaat Buncis untuk Kesehatan Tubuh

Meredakan nyeri haid

Manfaat yang satu ini berasal dari kandungan mineral mangan yang terdapat pada kacang panjang. Mangan merupakan mineral yang beperan penting dalam siklus reproduksi wanita. 

Kandungan mangan pada kacang panjang dapat mengurangi frekuensi atau meringakan rasa sakit karena kram perut selama menstruasi. 

Mengurangi risiko asam urat

Manfaat ini berkaitan dengan kandungan vitamin C pada kacang panjang. Vitamin C adalah antioksidan yang mencegah kerusakan akibat radikal bebas, polusi, dan bahan kimia beracun. 

Penumpukan radikal bebas dapat menyebabkan sejumlah penyakit, seperti penyakit jantung, kanker, dan arthritis (radang sendi). 

Menurunkan kadar glukosa

Diketahui kacang panjang mengandung sifat antihiperglikemik sehingga mampu menurunkan sensitivitas tubuh terhadap gula darah (glukosa). 

Pada penelitian tersebut, dilakukan uji tes toleransi glukosa pada hewan di laboratorium. Berdasarkan hasil tes ditemukan bahwa ekstrak kacang panjang mampu mengurangi kadar glukosa. 

Baca Juga: Mudah Ditemukan di Sekitar Rumah, Ini 5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kolesterol

Mencegah kanker

Kacang panjag mengandung sederet antioksidan nabati, termasuk flavonoid, dan riboflavin (vitamin B2). Dua senyawa ini diketahui dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker pada tubuh. 

Kacang panjang mengandung tinggi asam folat. Tubuh yang kekurangan asam folat berisiko menyebabkan pertumbuhan sel kanker pada usus besar, payudara, serviks, paru-paru, dan kanker otak. 

Meningkatkan stamina dan kesuburan

Ketika seseorang melakukan aktivitas fisik yang berat seperti olahraga, tubuh akan membutuhkan asupan oksigen lebih banyak. 

Kacang panjang yang kaya akan zat besi dapat memicu pembentukan sel darah merah sebagai pembawa oksigen dan menjadikan tubuh lebih sehat dan bugar.

Anda tetap bisa mengonsumsi kacang panjang dengan aman sekaligus untuk mendapatkan manfaat dari kandungan nutrisinya guna mencukupi kebutuhan gizi harian. 

Itulah beberapa manfaat akcang panjang untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News