Bugar

Tidak Hanya untuk Kesehatan Mata, Ini Sederet Manfaat Wortel bagi Kesehatan Anak

Tidak Hanya untuk Kesehatan Mata, Ini Sederet Manfaat Wortel bagi Kesehatan Anak

MOMSMONEY.ID - Inilah sederet manfaat wortel untuk kesehatan mata yang perlu Anda ketahui. Wortel adalah salah satu sayuran yang sering dipilih orang tua dalam menu makanan anak.

Sebelumnya, mungkin Anda sudah tahu jika sayuran berwarna oranye memiliki Vitamin A yang baik untuk kesehatan mata anak. 

Namun, tak hanya untuk kesehatan mata saja, wortel yang kaya nutrisi dan vitamin esensial yang sangat berguna bagi kesehatan serta pertumbuhan anak. 

Wortel memiliki kandungan beta-karoten, nutrisi penting yang memungkinkan pertumbuhan anak menjadi lebih optimal. 

Baca Juga: 10 Manfaat Mengonsumsi Roti Gandum Secara Rutin, Bisa Menjaga Kesehatan Jantung

Melansir dari Parenting Firstcry, berikut adalah sederet manfaat wortel untuk kesehatan mata yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

1. Baik untuk pertumbuhan sel tubuh

Manfaat wortel untuk kesehatan mata yang pertama adalah baik untuk pertumbuhan sel tubuh. Wortel mengandung sifat tertentu yang secara langsung memengaruhi mekanisme pertumbuhan sel.

Wortel juga bisa mencegah pertumbuhan sel yang tidak terkendali dan membantu sel-sel dalam penyembuhan luka. 

2. Melancarkan sirkulasi darah

Manfaat wortel untuk kesehatan mata yang kedua adalah memperlancar sirkulasi darah. Wortel mengandung flavonoid, yaitu zat gizi mikro. 

Sistem peredaran darah tidak hanya mengangkut oksigen melalui jantung dan pembuluh darah tetapi juga membantu membuang racun dari tubuh dari ginjal. 

Flavonoid secara langsung dapat meningkatkan kesehatan jantung dan ginjal. Ginjal yang berfungsi dengan baik mampu menyaring racun di tubuh. 

3. Menjaga Kekebalan tubuh tetap kuat. 

Manfaat wortel untuk kesehatan mata yang selanjutnya adalah menjaga kekebalan tubuh. Hal terpenting yang dibutuhkan bayi adalah sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Limfosit dan trombosit darah memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan sistem kekebalan tubuh. 

Penelitian menunjukkan konsumsi wortel secara teratur meningkatkan jumlah limfosit dan trombosit darah. Kemudian, sel darah ini membantu mengatur imunitas tubuh. 

Baca Juga: Stres Berlebihan, Penyebab Rambut Rontok Parah yang Jarang Disadari

4. Menjaga fungsi hati

Manfaat wortel untuk kesehatan mata yang berikutnya adalah menjaga fungsi hati. Jika bahan kimia beracun masuk ke tubuh, organ utama yang akan terpengaruh adalah hati.

Wortel bukan hanya mendukung sel-sel tubuh terjaga dengan baik, tapi juga melindungi hati dari efek bahan kimia berbahaya. 

5. Menjaga kesehatan mata

Manfaat wortel untuk kesehatan mata yang kelima adalah menjaga kesehatan mata. Wortel mengandung vitamin A dan beta-karoten.

Dua elemen ini bertugas untuk mengembangkan kesehatan mata. Konsumsi wortel bisa membuat penglihatan jelas dan tajam. 

Selain itu, vitamin A dan beta-karoten bisa memengaruhi pertumbuhan retina dan mempertahankannya dalam kondisi yang baik. 

Buatlah menu wortel yang bervariasi setiap harinya agar anak tidak bosan namun kesehatan tubuhnya tetap terjaga. 

Itulah sederet manfaat wortel untuk kesehatan mata yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News