Bugar

Tidak Hanya untuk Bumbu Dapur, Ini Manfaat Lengkuas Bagi Tubuh

Tidak Hanya untuk Bumbu Dapur, Ini Manfaat Lengkuas Bagi Tubuh

MOMSMONEY.ID - Lengkuas adalah tanaman yang berkerabat dengan jahe dan berfungsi sebagai penyedap alami masakan serta penghilang bau ayam dan daging.

Namun lengkuas tidak hanya untuk itu, banyak sekali manfaat dari lengkuas yang bisa Anda raskan untuk kesehatan tubuh. 

Dirangkum dari Web MD, berikut penjelasan tentang manfaat lengkuas untuk kesehatan tubuh yang belum banyak orang ketahui, antara lain: 

Baca Juga: 5 Manfaat yang Didapat dari Mengonsumsi Ikan Salmon. Cari Tahu Yuk!

Mengatasi gangguan pernapasan 

Manfaat lengkuas untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah mengatasi gangguan pernapasan. 

Kandungan minyak atsiri dalam lengkuas diyakini dapat mengatasi gangguan pernapasan yang dialami anak, seperti rhinitis, bronkitis, batuk rejan, dan infeksi tenggorokan. 

Mencegah infeksi

Manfaat lengkuas untuk kesehatan tubuh yang kedua bisa membantu mencegah infeksi. Sifat antimikroba pada lengkuas juga dapat menghalau bakteri lain.

Beberapa penelitian di laboratorium menyebutkan bahwa tanaman ini mampu mematikan bakteri Salmonella typhi dan Staphylococcus aureus yang kerap menginfeksi manusia. 

Membantu mengobati luka bakar

Manfaat lengkuas untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya bisa membantu mengobati luka bakar yang didapat dati kandungan antiradang dan pereda nyeri.

Untuk menggunakannya sebagai obat luka bakar alami, Anda cukup menumbuk beberapa iris lengkuas dan oleskan pada kulit yang bermasalah. 

Baca Juga: 5 Manfaat yang Didapat dari Mengonsumsi Ikan Salmon. Cari Tahu Yuk!

Mengatasi campak

Manfaat lengkuas untuk kesehatan tubuh yang keempat adalah mengatasi campak. 

Caranya dengan parut 4 rimpang lengkuas sebesar ibu jari, 1 sendok teh minyak kayu putih, dan 2 sendok teh minyak gondopura. 

Campurkan hasil parutan tersebut untuk kemudian dioleskan pada bintik-bintik yang timbul akibat campak. 

Meningkatkan kesuburan pria

Manfaat lengkuas untuk kesehatan tubuh yang terakhir diyakini bisa membantu meningkatkan kesuburan pria. 

Sebuah penelitian yang dilakukan selama 3 bulan kepada pria dengan kualitas sperma kurang baik menunjukkan bahwa konsumsi suplemen yang mengandung lengkuas dapat membantu meningkatan kualitas sperma. 

Meski dapat dijadikan sebagai obat untuk mencegah beberapa penyakit, sebaiknya jangan hanya mengandalkan lengkuas untuk mengatasi penyakit dan tetap berkonsultasi dengan dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News