HOME, Bugar

Tidak Hanya Segar, Blewah Juga Memiliki Manfaat yang Luar Biasa untuk Tubuh

Tidak Hanya Segar, Blewah Juga Memiliki Manfaat yang Luar Biasa untuk Tubuh

MOMSMONEY.ID - Buah blewah (Cucumis melo ver cantalupensis) merupakan buah yang mudah ditemukan di banyak daerah, karena dapat tumbuh di berbagai kondisi tanah. Rasanya yang nikmat dan menyegarkan membuat buah ini digemari oleh banyak orang. 

Umumnya buah blewah sering dijadikan sebagai makanan penutup musim panas yang menyegarkan, menyehatkan, serta memiliki kandungan air tinggi yang membantu mencegah dehidrasi. 

Melansir Food and Drug Administration (FDA), blewah mengandung berbagai antioksidan, termasuk selenium, beta karoten, vitamin C, lutein, zeaxanthin dan kolin. Kandungan di atas tentunya memberikan manfaat pada buah blewah. Berikut beberapa manfaat blewah untuk kesehatan tubuh yang harsu Anda ketahui. 

Baca Juga: Penyebab dan Gejala Bronkitis yang Harus Anda Ketahui

1. Mendukung tumbuh kembang janin

Beragam nutrisi pada buah blewah juga bermanfaat untuk ibu hamil di masa awal kehamilan ketika organ tubuh janin mulai berkembang. Kandungan beragam nutrisi, seperti folat, protein, dan karbohidrat, pada buah blewah berkhasiat untuk mencegah terjadinya cacat tabung saraf bayi, bayi lahir prematur, hingga berat lahir bayi rendah. 

2. Menjaga kesehatan mata

Lutein dan zeaxanthin merupakan dua antioksidan serupa dan pigmen tumbuhan yang memberi warna kuning ke merah pada buah dan sayuran, seperti buah blewah. Kombinasi antioksidan tersebut dapat membantu menyaring sinar cahaya biru yang berbahaya.

Selain itu, zat ini memainkan peran pelindung dalam kesehatan mata dan dapat membantu mencegah kerusakan akibat degenerasi makula terkait usia (AMD). 

3. Baik untuk kesehatan kulit

Karotenoid bermanfaat menghilangkan rasa sakit dan kerusakan kulit yang terkait sengatan matahari. Pigmen ini juga dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit termasuk garis halus, perubahan warna, dan keriput. 

Menurut Skin Cancer Foundation, karotenoid juga bisa mengurangi risiko kanker kulit. Alhasil, makan buah blewah secara rutin baik untuk kesehatan wajah dan kulit Anda. 

Baca Juga: 5 Makanan yang Harus Dikonsumsi Penderita Batu Ginjal

4. Menurunkan tekanan darah

Nutrisi-nutrisi penting dalam buah blewah, seperti serat, kalium, vitamin C, dan kolin memiliki peranan dalam mendukung kesehatan jantung Anda. Kandungan buah blewah, misalnya kalium membantu menurunkan tekanan darah. American Heart Association menyarankan orang dewasa untuk mengonsumsi 4.700 mg kalium per hari untuk menjaga kesehatan jantung. 

5. Mencegah sembelit

Kandungan serat dan air pada buah blewah juga baik untuk melancarkan pencernaan. Oleh karena itu, buah ini baik dikonsumsi untuk mencegah dan mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit. 

Selain itu, konsumsi makanan tinggi serat juga dapat mencegah sembelit dan membantu Anda yang sedang menjalani diet agar merasa kenyang lebih lama tanpa mengonsumsi kalori berlebih. 

Selanjutnya: Kenali Gejala Muntaber dan Cara Mengobatinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News