HOME, Bugar

Tidak Hanya Sebagai Penyedap, Kucai Juga Memiliki Banyak Manfaat untuk Tubuh

Tidak Hanya Sebagai Penyedap, Kucai Juga Memiliki Banyak Manfaat untuk Tubuh

MOMSMONEY.ID - Kucai adalah tanaman herbal yang masuk dalam keluarga bawang (allium). Masyarakat Indonesia mengenal tanaman ini dengan sebutan daun kucai atau bawang kucai. Kucai ternyata menyimpan banyak manfaat kesehatan, salah satunya membantu melawan sel kanker, dikutip dari Medical News Today.

Daun kucai memiliki nama latin Allium tuberosum. Biasanya, masyarakat menggunakan kucai sebagai pelengkap (garnish) pada bubur ayam atau campuran isi lumpia. Tidak hanya lezat dan menyegarkan, kucai juga memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan, berkat kandungan gizinya.  

Berikut ini beragam manfaat kucai yang bisa Anda peroleh, di antaranya.  

Baca Juga: Kaya Nutrisi, Terong Punya Banyak Manfaat bagi Kesehatan Tubuh

1. Mencegah kanker

Sayuran jenis allium amat kaya akan flavonol, termasuk daun kucai. Senyawa antioksidan ini dapat berfungsi sebagai penghambat pertumbuhan tumor. Dalam sebuah studi, para peneliti menemukan bahwa pria yang mengonsumsi lebih banyak sayuran allium memiliki risiko kanker prostat yang lebih rendah dibanding mereka yang kurang mengonsumsinya. 

2. Meningkatkan konsentrasi

Kucai mengandung kolin, folat, serta antioksidan yang baik untuk memelihara kesehatan dan fungsi otak. Dalam hal ini, beragam kandungan di dalam kucai tersebut dapat meningkatkan daya ingat, fokus, dan konsentrasi Anda. Beberapa riset pun menunjukkan bahwa konsumsi makanan bergizi, termasuk kucai, terlihat dapat menurunkan risiko terjadinya pikun karena demensia dan penyakit Alzheimer. 

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Zat allicin yang terkandung dalam daun kucai diduga dapat menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh. LDL yang melebihi batas normal dapat menaikkan risiko terjadinya stroke maupun penyakit jantung.  Selain allicin, kalium dalam daun hijau ini juga meningkatkan manfaat daun kucai. 

Baca Juga: Manfaat Kangkung, Mulai Mengobati Anemia Sampai Menjaga Kesehatan Mata

4. Mencegah penyakit kardiovaskular

Tak banyak yang tahu bahwa kucai dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, termasuk stroke dan penyakit jantung. Manfaat kucai ini berasal dari kandungan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan mencegah terjadinya kerusakan pada pembuluh darah di dalam tubuh. 

5. Menjaga kesehatan otak

Kandungan kolin dalam kucai nyatanya memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Pasalnya, kolin adalah salah satu nutrisi penting yang dapat membantu menjaga kesehatan otak, termasuk mempertajam ingatan dan mengatur suasana hati. Sebuah hasil penelitian terbitan The American Journal of Clinical Nutrition tahun 2011 menguatkan keterangan tersebut.   

Manfaat daun kucai bukanlah hanya sebagai pelengkap atau penghias makanan semata. Pilihlah daun kucai yang masih segar dan berwarna hijau terang untuk diolah dan dikonsumsi. Dengan ini, khasiatnya bisa lebih optimal.

Selanjutnya: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jambu Mede untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News