HOME, Bugar

Tidak Hanya Nikmat, Ini 5 Manfaat Bayam untuk Tubuh

 Tidak Hanya Nikmat, Ini 5 Manfaat Bayam untuk Tubuh

MOMSMONEY.ID - Bayam merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang banyak ditanam dan dikembangkan di Asia, termasuk Indonesia. Tak hanya baik untuk orang dewasa, sayuran ini juga baik dikonsumsi oleh bayi, anak-anak, ibu hamil, hingga lansia.

Selain enak dan menyegarkan, bayam juga sangat kaya dengan berbagai kandungan vitamin dan nutrisi lain. Kenali manfaat daun bayam serta nutrisinya yang menyegarkan. Menurut Kementerian Kesehatan RI, pada setiap 100 gram (g) bayam hijau yang masih mentah, terdapat berbagai karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral di dalamnya.

Baca Juga: Dapat Mengontrol Tekanan Darah, Salah Satu Manfaat Mengonsumsi Pakcoy

Seperti telah disebutkan sebelumya, bayam menawarkan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh yang sayang untuk dilewatkan. Manfaat tersebut meliputi berikut ini.

1. Meredakan peradangan

Kandungan antioksidan yang tinggi pada bayam berperan dalam melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan peradangan, seperti pada penyakit rheumatoid arthritis. Pada penyakit ini, peradangan merupakan penyebab munculnya nyeri sendi.

2. Melawan radikal bebas

Radikal bebas merupakan atom tidak stabil, yang dapat memicu kondisi stres oksidatif di tubuh. Stres oksidatif merupakan kondisi yang berbahaya, karena dapat merusak DNA sel, dan menyebabkan timbulnya beragam jenis penyakit. Salah satu manfaat bayam adalah melawan radikal bebas, serta mengurangi kondisi stres oksidatif. Beberapa jenis antioksidan pada sayur bayam adalah vitamin A, vitamin C, kaempferol, serta kuersetin.

3. Baik untuk ibu hamil

Kandungan bayam ternyata berpengaruh sangat besar bagi janin. Folat yang ada pada sayuran berwarna hijau ini sangat dibutuhkan oleh calon bayi. Hal tersebut dikarenakan dapat mengembangkan sistem saraf mereka, sehingga cacat pada mulut, seperti sumbing dapat terhindarkan.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bayam juga dikenal tinggi akan kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin C, folat, dan magnesium. Beragam nutrisi tersebut diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Mencegah kanker

Manfaat bayam lainnya yakni mampu mencegah kanker. Sayur bayam mengandung zat yang disebut sulfoquinovosyl diacylglycerol (SQDG) dan monogalactosyl diacylglycerol (MGDG). Kedua zat ini dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.Beberapa penelitian membuktikan, mengonsumsi sayur bayam, dapat menghambat timbulnya kanker prostat, kanker payudara, dan tumor serviks.

Baca Juga: 5 Makanan Sehat untuk Penderita Jantung Lemah

Manfaat bayam hijau ternyata sangat baik untuk kesehatan Anda, bukan? Oleh karena itu, mulailah untuk menyisipkan bayam sebagai masakan sayuran Anda. Tubuh sehat, hidup pun bahagia.

Selanjutnya: Miom : Gejala, Risiko, dan Pencegahannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News