Bugar

Tidak Hanya Menyegarkan, Ini Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

Tidak Hanya Menyegarkan, Ini Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Buah mangga menjadi salah satu buah yang banyak digemari masyarakat. Manfaat buah mangga untuk kesehatan tubuh bila dikonsumsi secara rutin sangat banyak sekali.  

Kandungan mangga yang manis dan asam menjadikan buah musiman ini bintangnya hidangan rujak dan beberapa olahan lainnya.  

Tak hanya menyegarkan, dengan berbagai kandungan nutrisinya, mangga bisa memberikan sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Baca Juga: Anosmia Bukan Hanya Gejala Covid-19, Inilah Penyebab Anosmia Lainnya

Dilansir dari Mayo Clinic, inilah beberapa manfaat buah mangga untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

Menurunkan tekanan darah

Menurut Oklahoma State University menunjukkan bahwa, kadar gula darah orang-orang yang memiliki berat badan berlebih menjadi berkurang setelah rutin makan mangga dalam waktu tertentu. 

Meningkatkan daya tahan tubuh 

Melansir dari buku berjudul Terapi Jus Untuk Rematik & Asam Urat, kandungan vitamin C yang tinggi dan antioksidan mampu meningkatkan daya tahan tubuh.  

Menyehatkan kulit

Mangga yang mengandung vitamin C sangat penting untuk perbaikan kulit yang sehat. Mangga sarat dengan nutrisi yang dapat menyembuhkan kulit misalnya serat dalam mangga dapat membersihkan usus yang kelebihan muatan dengan zat beracun. 

Baca Juga: 5 Manfaat Luar Biasa Kacang Almond untuk Kesehatan. Cari Tahu Yuk!

Berpotensi mencegah kanker

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Texas AgriLife Research, diketahui bahwa ekstrak polifenol mangga dapat mencegah perkembangan sel kanker. 

Kandungan dalam mangga seperti zat polifenol, karotenoid, serat makanan, vitamin C, vitamin E dan berbagai senyawa aktif lainnya yang berpotensi sebagai terapi antikanker. 

Radang sendi 

Kandungan antioksidan yang berasal dari buah-buahan berwarna kuning, seperti karotenoid beta, cryptoxanthin, zeaxanthin, dan vitamin C mempunyai hubungan dengan menurunnya risiko radang sendi.  

Mengingat banyak sekali manfaatnya, mulai sekarang Anda bisa memasukkan mangga ke dalam menu sehat untuk dikonsumsi setiap hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News