HOME, Bugar

Tidak Hanya Mengontrol Gula Darah, Ini Manfaat Lain Buah Manggis untuk Kesehatan

Tidak Hanya Mengontrol Gula Darah, Ini Manfaat Lain Buah Manggis untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Buah manggis adalah buah tropis dari Asia yang banyak ditemukan di India, Malaysia, dan Indonesia.

Jenis buah dengan nama latin Garcinia mangostana ini memiliki rasa manis dan asam yang khas, sehingga disukai dan cukup populer di kalangan masyarakat.

Selain enak dimakan, buah manggis juga memiliki segudang manfaat, khasiat, dan kandungan gizi yang berguna untuk kesehatan Anda. 

Ada beragam nutrisi yang terkandung dalam buah manggis, di antaranya adalah vitamin C, vitamin B2, folat, magnesium, dan xanthones, dikutip dari Healthline.

Baca Juga: Selain Menyegarkan, Ini Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan nutrisi di dalam buah manggis tersebut diyakini dapat menurunkan berat badan, meningkatkan daya tahan tubuh, bahkan mencegah penyakit kanker.

Berikut manfaat buah manggis untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Mengurangi peradangan

Manfaat buah manggis untuk kesehatan yang pertama adalah megurangi peradangan jika dikonsumsi secara rutin dan cukup.

Kandungan xanthone dan vitamin C pada kulit manggis dipercaya dapat mengatasi peradangan yang disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti radang sendi atau penyakit autoimun. 

Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas kulit manggis untuk mengurangi kondisi peradangan pada manusia. 

2. Menurunkan berat badan

Manfaat buah manggis untuk kesehatan yang kedua adalah bisa menurunkan berat badan. Salah satu manfaat buah manggis yang dicari ialah menurunkan berat badan. 

Beberapa ahli pun menduga kalau sifat anti-inflamasi pada manggis berkaitan erat dengan hal ini. Sebab, sifat buah manggis tersebut bisa meningkatkan metabolisme lemak dan mencegah penambahan berat badan. 

3. Mengontrol kadar gula darah

Manfaat buah manggis untuk kesehatan yang ketiga adalah mengontrol kadar gula darah jika dikonsumsi secara rutin dan cukup.

Berbagai penelitian mengenai buah manggis menemukan fakta bahwa senyawa xanthone dan serat di dalamnya dapat membantu menjaga kadar gula darah.

Studi tersebut menemukan fakta bahwa wanita obesitas yang mengonsumsi 400 mg ekstrak manggis setiap hari mengalami penurunan resistensi insulin yang signifikan.

Adapun resistensi insulin merupakan salah satu faktor risiko kadar gula darah tinggi hingga diabetes. 

Baca Juga: Selain Menyegarkan, Inilah Sederet Manfaat Semangka untuk Kesehatan

4. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Manfaat buah manggis untuk kesehatan yang keempat adaah menghambat pertumbuhan sel kanker jika dikonsumsi secara rutin dan cukup. 

Kandungan xanthone pada kulit manggis dipercaya dapat menghambat perkembangan dan penyebaran sel kanker, misalnya kanker payudara dan kanker paru-paru. 

Selain itu, sebuah studi juga menyebutkan bahwa efek antikanker pada kulit manggis dapat menghambat perkembangan kanker usus besar.

Meski demikian, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk memastikan efektivitas kulit manggis untuk mengatasi kanker. 

5. Memperkuat daya tahan tubuh

Manfaat buah manggis untuk kesehatan yang kelima adalah memperkuat daya tahan tubuh jika dikonsumsi secara rutin dan cukup.

Sebuah studi menyebutkan bahwa mengonsumsi suplemen yang mengandung ekstrak kulit manggis dapat menurunkan gejala peradangan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan dan vitamin C yang terkandung di dalamnya. 

Itulah berbagai manfaat buah manggis untuk kesehatan. Dari banyaknya manfaat tersebut, menambahkan buah manggis ke dalam pola makan yang sehat akan menjadi pilihan yang tepat.

Terlebih, buah manis ini sangat mudah ditemukan di Indonesia yang beriklim tropis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News