Bugar

Tidak Hanya Kaya Nutrisi, Kenali Manfaat Lobak sebelum Mengonsumsinya

Tidak Hanya Kaya Nutrisi, Kenali Manfaat Lobak sebelum Mengonsumsinya

MOMSMONEY.ID - Lobak merupakan sayuran yang rendah kalori, tapi kaya akan serat, mineral, dan vitamin, seperti vitamin C.

Hal ini menjadikan manfaat lobak baik untuk menurunkan berat badan, melancarkan pencernaan, dan menjaga kesehatan jantung. 

Lobak bisa dikonsumsi dalam keadaan matang maupun mentah, sehingga sering dijumpai dalam olahan salad atau hidangan berkuah.

Lobak juga telah lama dipercaya dalam pengobatan tradisional di Asia untuk mengatasi masalah kesehatan, misalnya demam, sakit tenggorokan, gangguan empedu, dan peradangan.

Baca Juga: Luar Biasa! Ini Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan Tubuh

Selian itu, seperti dilansir dari Healthline, berikut ini adalah manfaat yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi lobak, antara lain: 

Menurunkan berat badan

Manfaat lobak juga dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena serat dalam lobak membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi.

Selain itu, lobak juga rendah kalori dan bebas lemak, sehingga cocok dijadikan camilan sehat, khususnya bagi Anda yang sedang diet atau ingin menjaga berat badan tetap ideal.

Menghambat pertumbuhan sel kanker

Senyawa isothiocyanate, flavonoid, dan sulforaphane dalam lobak tak hanya bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah, tetapi juga memiliki sifat antikanker.

Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa zat-zat dalam lobak dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti kanker payudara, kanker paru-paru, kanker usus besar, kanker hati, dan kanker prostat.

Baca Juga: Anda Mengalami Rematik? Coba Konsumsi 5 Makanan Ini

Menjaga kesehatan tulang

Lobak juga termasuk salah satu jenis sayuran yang baik untuk kesehatan dan kekuatan tulang. Hal ini karena lobak mengandung kalsium, fosfor, serta antioksidan.

Bahkan, beberapa riset menunjukkan bahwa asupan tinggi sayuran, termasuk lobak, bisa mengurangi risiko terjadinya osteoporosis.

Mengurangi kolesterol

Pola makan tinggi serat, antioksidan, vitamin, dan mineral, diketahui bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida.

Aneka nutrisi tersebut bisa diperoleh dari aneka makanan, seperti buah, biji-bijian, kacang, dan sayuran, termasuk lobak.

Selain berbagai manfaat di atas, lobak juga diketahui baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini karena lobak mengandung kolin dan folat yang baik untuk tumbuh kembang dan pembentukan organ tubuh janin, misalnya otak dan jaringan sarafnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News