Bugar

Tidak Hanya Enak, Ini Kandungan dan Manfaat Ikan Mujair untuk Kesehatan Tubuh

Tidak Hanya Enak, Ini Kandungan dan Manfaat Ikan Mujair untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa kandungan dan manfaat ikan mujair untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui juga bisa Anda dapatkan.

Ikan mujair merupakan salah satu ikan air tawar yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Selain tidak terlalu amis, harga ikan mujair yang relatif terjangkau.

Meski begitu, banyak yang tak menyadari manfaat dari mengonsumsi ikan mujair. Ikan mujair merupakan sumber protein yang rendah lemak dan lemak jenuh.

Ikan mujair juga mengandung vitamin dan mineral seperti kolin, niasin, vitamin B12, vitamin D, selenium, dan fosfor sebagai sumber asam lemak omega-2 yang baik.

Baca Juga: Kenali Makanan Laut yang Kaya Vitamin A untuk Tubuh

Selain kandungan tersebut, dilansir dari Web MD, berikut adalah beberapa manfaat mengonsumsi ikan mujair untuk kesehata tubuh yang bisa Anda rasakan, antara lain: 

Sebagai makanan untuk diet

Manfaat mengonsumsi ikan mujair yang pertama adalah sebagai makanan untuk diet. Mengonsumsi ikan mujair bisa menjadi pilihan makanan saat menurunkan berat badan.

Alasannya, kandungan protein yang ada pada ikan mujair akan membuat perut kenyang, sehingga mencegah Anda makan camilan di antara waktu makan.

Mencegah penyakit tertentu

Manfaat ikan mujair yang kedua adalah mencegah penyakit tertentu. Selenium merupakan mineral yang berperan mencegah kanker, penyakit jantung, penurunan kognitif, dan penyakit tiroid.

Meskipun tubuh membutuhkan sedikit selenium, tapi itu tetap penting untuk berbagai fungsi tubuh. Ikan mujair merupakan sumber mineral baik untuk kebutuhan fungsi harian tubuh.

Memperkuat tulang

Manfaat ikan mujair yang ketiga adalah memperkuat tulang. Ikan mujair memiliki nutrisi untuk memelihara kesehatan tulang, seperti, Kalsium, Vitamin D, Magnesium, dan Fosfor.

Dengan begitu, mengonsumsi ikan mujair merupakan cara yang baik untuk menjaga kesehatan tulang dan mengonsumsinya dengan rutin.

Baca Juga: Ketahui, Ini Sederet Makanan Mengandung Selenium Tinggi yang Baik untuk Tubuh

Membantu mengontrol gula darah

Melansir dari Harvard Health Publishing, ternyata kandungan omega-3 pada ikan mujair ternyata lebih rendah daripada omega-6 yang juga terkandung di dalamnya.

Penemuan ini cukup meragukan banyak orang apakah khasiat yang dimiliki ikan mujair baik untuk tubuh mengingat omega-6 dikenal sebagai lemak jahat.

Memperkuat sistem imun

Manfaat mengonsumsi ikan mujair yang terakhir adalah memperkuat sistem imunitas. Salah satu kandungan mineral yang ada di dalam ikan mujair yakni selenium.

Mineral selenium ini dibutuhkan oleh kelenjar tiroid agar bisa bekerja dengan optimal. Hal ini berguna untuk membantu penyerapan nutrisi dari makanan dan memperlancar metabolisme tubuh.

Penting untuk diingat, Anda tetap harus mengonsumsi ikan mujair dalam batas wajar untuk bisa memperoleh manfaatnya serta tambahi makanan sehat lainnya untuk memperkuat manfaatnya. 

Itulah kandungan dan manfaat ikan mujair untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News